Walikota Rai Mantra Buka Kreativitas Rumah Pintar Tahun 2016

BALIPORTALNEWS.COMDinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar melalui UPT. Rumah Pintar kembali mengadakan pameran Kreativitas Rumah Pintar Kota Denpasar Tahun 2016. Kegiatan ini diadakan guna menjembatani antara lembaga pendidikan non formal dengan masyarakat sehingga dapat memamerkan hasil karya dan inovasi sekaligus menjadi ajang promosi lembaga kursus dan pelatihan (LKP).

Acara  dibuka langsung Walikota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny. Selly Dharmawijaya Mantra dengan pemukulan kulkul dan pelepasan burung pada Kamis (25/8/2016) di Seputaran Jalan Kamboja.

Kegiatan ini merupakan langkah untuk memperkenalkan kepada masyarakat kreativitas pendidikan, sehingga masyarakat dapat mengetahui kreativitas pendidikan dan penerapannya serta memperkenalkan keunggulan masing-masing lembaga non formal agar dapat menjadi acuan bagi masyarakat untuk memilih lembaga non formal yang sesuai dengan minatnya. Hal ini dikatakan Walikota Rai Mantra saat membuka kegiatan tersebut.

Lebih lanjut Rai Mantra mengatakan, kegiatan yang dilakukan ini harus dievaluasi setiap tahunnya agar memberi kreatifitas dan menarik minat masyarakatan agar datang berkunjung. “Kita sekarang sudah melakukan system hold goverment dan mendeklarasikan smart city. Smart city dalam artian bukan hanya masalah teknologi tapi kemampuan kita membuat suatu kemanfaatan dan mencari solusi terhadap masalah yang ada”ujar Rai Mantra.

Kita memang harus moving dan transforming mengikuti perkembangan dan tuntutan jaman. Lebih lanjut Rai Mantra mengatakan, pergeseran pola pikir di dalam dunia pendidikan yang merupakan agen of change (agen perubahan). “Kalau salah kita memberikan pandangan atau mindset maka kita akan lemah, tapi kalau kita benar maka kita akan kuat untuk menciptakan generasi yang tangguh, cerdas, dan kreatif,” tegasnya.

Kepala UPT. Rumah Pintar Kota Denpasar Made Suena mengatakan, Kreativitas Rumah Pintar Kota Denpasar merupakan langkah untuk membantu menjembatani upaya dari pihak PKBM dan Lembaga Khursus dan Pelatihan (LKP) untuk dapat memamerkan Program Belajar dan hasil dari kreatifitasnya, agar dapat dilihat secara langsung oleh masyarakat.

Dalam Kreativitas Rumah Pintar ini juga dilaksanakan berbagai lomba seperti  Lomba Mekendang Tunggal tingkat SD dan SMP, Lomba Suling Tunggal tingkat SD dan SMP, dan Lomba Parade Busana Endek tingkat SD dan SMP. Ia berharap dengan diadakannya Kreativitas Rumah Pintar agar PKBM dan LKP dapat menjadi pilihan alternative untuk melanjutkan pendidikan selain pendidikan formal. (eka/humas pemkot dps/bpn)