Rakorda
BAN-PDM Provinsi Bali Gelar Rapat Koordinasi Daerah Tahap I Tahun 2024. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah (BAN-PDM) Provinsi Bali melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Daerah Tahap I Tahun 2024 pada 21-23 April di Hotel Hilton Garden Inn Kuta.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memastikan tersusunnya perencanaan yang baik dalam program kerja akreditasi BAN-PDM Provinsi Tahun 2024.

“Melalui kegiatan Rakorda I Tahun 2024 ini, diharapkan dapat meningkatkan sinergitas para pihak yang berkepentingan terhadap akreditasi BAN-PDM,” ungkap Ketua BAN-PDM, Dr. Ni Wayan Mudiarni, S.Pd., M.M.

Tujuan Rakorda BAN-PDM Provinsi Tahap I tahun 2024 adalah penyamaan persepsi tentang kebijakan dan mekanisme akreditasi serta program kegiatan yang akan dilaksanakan oleh BAN-PDM Provinsi tahun2024; Sosialisasi program pelaksanaan akreditasi BAN-PDM serta mekanisme penjaminan mutu lainnya; Penyusunan rencana pelaksanaan akreditasi satuan/program pendidikanserta mekanisme penjaminan mutu lainnya; Penetapan program dan langkah strategi pelaksanaan akreditasi satuan/program pendidikan serta mekanisme penjaminan mutu lainnya;dan Melakukan koordinasi dan membangun sinergi antara BAN-PDM Provinsi dengan BBPMP/BPMP, Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota, Kanwil/KantorKemenag, organisasi mitra, serta pemangku kepentingan terkait lainnya untuk suksesnya akreditasi.

Baca Juga :  Workshop K-MBSS Dorong Pengembangan Layanan Kesehatan Wellness dan Estetika di RSUD Prof. Ngoerah

Dalam kegiatan ini, BAN-PDM menghadirkan narasumber yang mumpuni, di antaranya  Kepala BPMP Provinsi Bali, Sekretaris Disdikpora Provinsi Bali, KASI Pendis Kantor Kementrian Agama Kabupaten Jembrana, dan Sekretaris Umum PGRI Provinsi Bali.

Para narasumber membawakan materi Kebijakan dan Mekanisme Akreditasi BAN-PDM Tahun 2024; Kebijakan BBPMP/BPMP dalam mendorong Dinas Pendidikan Kab/Kota melakukan peningkatan mutu satuan pendidikan, serta mendukungpelaksanaan program akreditasi; Strategi Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota dalam membina satuan/program pendidikan untuk meningkatkan mutu layanan, serta mendukung pelaksanaan program akreditasi; Strategi Kanwil/Kantor Kemenag dalam membina satuan/programpendidikan untuk meningkatkan mutu layanan, serta mendukung pelaksanaan program akreditasi; dan Dukungan organisasi mitra dalam pelaksanaan akreditasi.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Kembali Gelar Pasar Murah

Secara keseluruhan, hasil yang diharapkan dari Rapat Koordinasi Daerah BAN-PDM Provinsi Tahap I tahun 2024 adalah sebagai berikut: 1. Penyamaan persepsi tentang kebijakan dan mekanisme akreditasi sertaprogram kegiatan yang akan dilaksanakan oleh BAN-PDM Provinsi padatahun 2024; 2. Tersosialisasikannya program pelaksanaan akreditasi satuan/programpendidikan serta mekanisme penjaminan mutu lainnya; 3. Tersusunnya rencana pelaksanaan akreditasi satuan/program pendidikanserta mekanisme penjaminan mutu lainnya; 4. Ditetapkannya program dan langkah strategi pelaksanaan akreditasisatuan/program pendidikan serta mekanisme penjaminan mutu lainnya; dan 5. Terbangunnya koordinasi dan sinergi antara BAN-PDM Provinsi denganBBPMP/BPMP, Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota, Kanwil/KantorKemenag, organisasi mitra, serta pemangku kepentingan terkait lainnya untuk suksesnya akreditasi.

Sesuai dengan Rencana UsulanKegiatan (RUK) BAN-PDM Provinsi, peserta dan sebarannya terdiri atas ranah Anggota BAN-PDM Provinsi, BBPMP/BPMP, Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota, Kanwil/Kantor Kemenag, Organisasi Mitra, dan Pemangku kepentingan lain yang terkait. Para peserta berharap kegiatan ini bisa memperlancar akreditasi.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News