PLN Siap
General Manager PT PLN (Persero) UID Bali, I Wayan Udayana, memberikan sambutan atas kedatangan Kordinator beserta rombongan kunjungan lapangan Bidang kendaraan Kementrian Sekretaris Negara (Kemensetneg) RI. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – PT PLN (Persero) memastikan infrastruktur Stasiun Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) siap untuk melayani mobilitas delegasi yang akan menggunakan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Hal ini disampaikan I Wayan Udayana selaku General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali pada kunjungan lapangan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dalam rangka persiapan penyelenggaraan rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) 2024, Rabu (24/4/2024).

PLN, menurut Udayana, siap memberikan support keandalan event bergensi di Bali termasuk WWF yang akan berlangsung Mei 2024 mendatang, terlebih PLN sudah berpengalaman dalam mengawal kelistrikan pada event berskala internasional.

Dirinya menjelaskan PLN siap menyediakan infrastruktur SPKLU sejumlah 58 unit yang terdiri dari 12 unit SPKLU Ultra Fast Charging, 26 unit SPKLU Standard Charging dan 20 unit SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum) generasi 2.

Baca Juga :  Sebagai Ajang Pelestarian Budaya, Wawali Arya Wibawa Buka Sempol Festival 2024

“Tim PLN telah mengukur dan menghitung dengan melakukan simulasi penggunaan kendaraan listrik sehingga seluruh pergerakan dan mobilisasi telah dipelajari semua agar memperoleh angka daya baterai pada kendaraan listrik yang tepat sehingga dapat menyusun SOP (Standar Operating Prosedure) yang lebih akurat,” jelasnya.

Walaupun memiliki pengalaman terhadap event–event terdahulu, tak berarti bahwa PLN akan lengah. Untuk itu, pihaknya meminta seluruh tim agar memetakan risiko–risiko dan memitigasinya dengan baik khususnya di sisi keandalan penyediaan infrastruktur EV charging demi membuktikan keseriusan PLN untuk mengawal kesuksesan kegiatan ini.

Baca Juga :  Charity Dinner yang Memukau dengan Sajian Top Chefs, DJ, dan Fire Dance

Koordinator kunjungan lapangan Bidang Kendaraan Kemensetneg, Benus Drojo mengatakan pihaknya mengapresiasi PLN yang sangat responsif dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik selama ini.

Khusus pada event KTT WWF yang akan dilaksanakan pada 19–20 Mei mendatang, pihaknya menjelaskan logistik kendaraan listrik yang harus didukung PLN.

“Setidaknya terdapat 606 unit kendaraan listrik yang akan disediakan antara lain terdiri dari kendaraan delegasi dan kendaraan operasional yang akan melayani 33 negara dan 4 organisasi internasional,” paparnya.

Selain itu, lokasi pelaksanaan kegiatan dan jumlah delegasi penting juga harus menjadi perhatian.

Baca Juga :  IKN dan INA Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Meningkatkan Investasi Global di Ibu Kota Nusantara

Terakhir, pihaknya berharap sinergi antara Kemensetneg dan PLN yang telah terjalin dalam event internasional sebelumnya dalam terus ditingkatkan untuk mendukung KTT WWF mendatang.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News