BALIPORTALNEWS.COM – Universitas Gadjah Mada membangun kerja sama dengan tiga kabupaten di Indonesia di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam pengembangan potensi daerah terutama di sektor parwisata.

Kerja sama tersebut dilaksanakan dengan Kabupaten Aceh Tamiang, Kabupaten Bangka Tengah, serta Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Bupati Aceh Tamiang Mursil, S.H., M.Kn., menyampaikan bahwa Kabupaten Aceh Tamiang memiliki potensi pariwisata yang besar. Sayangnya, belum banyak wisatawan yang melakukan kunjungan wisata karena selain lokasi yang jauh berada di ujung barat Indonesia juga karena dianggap kurang aman dari bencana.

“Semoga dengan kerja sama ini potensi yang ada di Aceh tamiang bisa dikembangkan sehingga bisa menraik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung,” tuturnya, Jum’at (13/7/2018) dalam sambutannya usai penandatanganan nota kesepahaman bersama di Ruang Sidang Pimpinan Kantor Pusat UGM.

Harapan senada disampaikan Sekda Kabupaten Bangka Tengah Drs. Sugiyanto, M.Si., yang mewakili Bupati Bangka TengahIir.H.Ibnu Saleh, M.M. Dia berharap bantuan dari UGM untuk pengembangan potensi pariwisata di Bangka Tengah.

“Saat ini kami sedang mengembangkan lompatan bidang karena pembangunan wisata masih dilakukan secara sporadis dan kurang terkonsep sehingga memerlukan Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah (Riperda). Dengan kerja sama ini harapannya tidak hanya bisa mengembangkan potensi pariwisata saja tetapi juga bidang lainnya,” paparnya

Sementara Kepala Bapeda dan Litbang Kabupaten Banggai Muh Romli Tongko mewakili Bupati Banggai Ir.H. Herwin Yatim, M.M., juga berharap melalui kerja sama ini bisa membantu dalam pengembangan pariwisata daerahnya. Paslanya, Kabupaten Banggai memiliki beragam potensi alam yang belum dikembangkan secara optimal.

“Harapannya kerja sama ini bisa mengembangkan Kabupaten Banggai lebih maju terutama sektor pariwisata,” jelasnya.

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni UGM, Dr. Paripurna, S.H., M.Hum., LL.M., menyambut baik kerja sama yang dilakukan dengan ketiga mitra tersebut. Menurutnya, ketiga kabupaten ini memiliki potensi pariwisata  yang sangat luar biasa.

“Aceh Tamiang, Bangka Tengah, dan Banggai memiliki pariwisata yang seksi, budayanya, serta potensi wisata alam serta kuliner yang luar biasa,” katanya.

Paripurna mengatakan UGM siap untuk bersinergi dan bekerjasama dalam mendorong pembangunan daerah.

“Kami siap untuk bersinergi dalam mengembangkan potensi daerah,” jelasnya. (ika/humas-ugm/bpn: foto:firsto)