Linmas
Puluhan Linmas di Abang Dapat Pelatihan, Tingkatkan Kepekaan Lingkungan Sekitar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Puluhan personel Linmas di Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem diberikan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan dalam mendukung keamanan diwilayahnya masing-masing.

Dalam pelatihan yang berlangsung pada Kamis (25/4/2024), di Kantor Camat Abang tersebut, Satuan Polisi Pamong Praja Karangasem berkolaborasi bersama Damkar dan pihak BPBD Karangasem dalam pengisian materi pelatihan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Karangasem, I Ketut Arta Sedana mengatakan, jumlah personel Linmas yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 70 orang yang merupakan perwakilan dari seluruh Desa se-Kecamatan Abang.

“Jadi masing-masing desa menyertakan lima orang Linmas untuk megikuti pelatihan ini. Selain pemateri dari Satpol PP, kita juga libatkan pemateri dari BPBD dan Damkar Karangasem. Kita ingin membetikan wawasan dan pengetahun kepada para Linmas bahwasannya fungsi Linmas bukan hanya bertugas pada saat ada Pemilu saja, melainkan juga mempunyai tugas dibidang ketentraman dan ketertiban lingkungan,” kata Arta Sedana.

Baca Juga :  Tiga Kapolsek Diganti, Kasat Narkoba Polres Gianyar Jabat Kasat Reskrim Polres Karangasem

Lebih jauh, dengan memghadirkan pemateri dari Damkar para Linmas ini diberikan pengetahuan tentang pencegahan dini serta apa yang harus dilakukan jika menemukan situasi mendesak seperti misalnya gas bocor dan lain sebagainya. Selain itu, Linmas juga diberikan materi tentang mitigasi bencana, agar Linmas peka terhadap situasi di lingkungan sendiri oleh BPBD Karangasem.

Sementara itu, selain di Kecamatan Abang, kegiatan pembinaan Linmas akan secara bertahap dilaksanakan ke semua kecamatan yang ada di kabupaten Karangasem. Sebelumnya kegiatan serupa sudah dilaksanakan di kecamatan Manggis.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News