Vaksinasi Rabies
Kasus Gigitan Anjing Rabies di Wilayah Perkotaan Meningkat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Karangasem gempur wilayah Kecamatan Karangasem dengan kegiatan vaksinasi dan depopulasi anjing menyusul tingginya kasus rabies di wilayah tersebut.

Seperti dilaksanakan pada Kamis (25/4/2024) pagi, Distan PP Karangasen mengerahkan personel untuk melaksanakan vaksinasi dan depopulasi anjing ke wilayah Desa Bugbug, Kecamatan dan Kabupaten Karangasem.

Di sana ratusan warga sangat antusias membawa anjing maupun kucing peliharaan mereka untuk divaksin rabies.

“Sangat antusias sekali, kegaiatan dilaksanakan sejak pagi hari, besok kita juga akan kembali turun melaksanakan vaksinasi dan depopulasi masih diseputaran wilayah Kecamatan Karangasem juga,” kata Kadistan PP Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah.

Baca Juga :  Dinas Pertanian Karangasem Lacak Sumber Ternak Babi Dugaan Kasus Meningitis di Bebandem

Ia mengungkapkan, saat ini wilayah Kecamatan Karangasem memang menjadi fokus Distan untuk menekan kasus rabies mengingat jumlah kasus gigitan anjing rabies di Kecamatan ini paling tinggi dibandingkan dengan Kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Karangasem.

Sejak awal Januari hingga akhir bulan April 2024 ini, Distan PP mecatat total ada 477 kasus gigitan anjing di Kabupaten Karangasem. Dari sekian kasus itu, 19 kasus gigitan anjing diantaranya positif rabies. Dengan kasus terbanyak berasal di wilayah Kecamatan Karangasem mencapai 6 kasus gigitan anjing positif rabies.

Baca Juga :  Tembus 49.219 Dukungan, Kari Subali dan Ismaya Serahkan Dokumen Syarat Paslon Perseorangan ke KPU Karangasem

“Ini menjadi perhatian kami, kok bisa di perkotaan kasus gigitan anjing rabies paling tinggi, sementara dari data yang masuk kasus gigitan positif rabies yang terjadi di Kecamatan Karangasem hampir semuanya disebabkan ajing liar,” imbuh Siki Ngurah.

Sementara itu, hingga April 2024 ini, capaian Vaksinasi rabies di Kabupaten Karangasem sudah mencapai 30.77 persen atau sebanyak 24.970 ekor Anjing dari estimasi jumlah populasi anjing yang ada di Kabupaten Karangasem sebanyak 81.155 ekor anjing. Untuk stok vaksin sendiri Distan Karangasem masih memiliki stok sebanyak 6.378 dosis.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News