1.200 Siswa SD se- Badung Ikuti Festival Nyastra

BALIPORTALNEWS.COMSebanyak 1.200 siswa Sekolah Dasar se-Kabupaten Badung mengikuti Festival Nyastra. Lomba Nyastra ini dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Bali bekerjasama dengan Penyuluh Bahasa Bali Provinsi Bali yang diadakan di masing-masing Kabupaten dan Kota se-Bali. Lomba nyastra di Kabupaten Badung dibuka secara resmi oleh Bupati Badung diwakili Sekda Badung Kompyang R. Swandika ditandai pemukulan gong, Minggu (11/12/2016) di halaman Pura Lingga Bhuwana, Puspem Badung, Mangupraja Mandala.

Turut hadir mendampingi Kabid Sejarah dan Purbakala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Kabid Adat Istiadat Disbud Kabupaten Badung, perwakilan dari Disdikpora Badung dan hadir dari Ikatan penyuluh sastra Bali.

Dalam sambutannya Sekda Kompyang R. Swandika menyambut baik diadakanya lomba nyastra seperti ini. Selaku Pemerintah Kabupaten Badung memberikan apresiasi kepada Dinas Kebudayaan Provinsi Bali dan penyuluh sastra Bali dan Bahasa Bali yang telah memfasilitasi, mendampingi dan mengarahkan sehingga bisa melaksanakan kegiatan lomba nyastra serentak di seluruh kabupatengkota di Bali. Menurutnya pelaksanaan kegiatan lomba nyastra di Badung ini sungguh sangat luar biasa. Sangat srategis dan sangat penting bagi adik-adik dan anak-anak kita.

Kegiatan ini sangat positif, pertama tentu untuk menanamkan kecintaan kepada sastra yaitu sastra Bali. Kedua untuk meningkatkan kecintaannya kepada Budaya dan daerahnya bali termasuk mencintai keragaman adat dan budaya di tanah air Indonesia.

“Melalui sastra ini akan bisa meningkatkan kecintaan kita kepada tanah air Indonesia. Untuk itu kami sangat mengapresiasi dan kegiatan ini patut dihargai serta didukung oleh semua pihak. Kami harapkan agar kegiatan ini bisa dilanjutkan di tahun-tahun mendatang. Melalui sastra mari kita perkuat budaya daerah, mari bangun daerah kita, bangun negeri kita agar lebih jaya makmur dan sejatra,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara Lomba Nyastra I Wayan Adi Mahardika, SPd melaporkan, lomba ini dilaksanakan oleh penyuluh Basa Bali Provinsi Bali dengan tujuan untuk menjaga persatuan dan kesatuan di sesama kalangan semeton Penyuluh Basa Bali khususnya di Kabupaten Badung di dalam melaksanakan program Pendidikan peseraman Desa di seluruh Kabupaten Badung. Selain itu kegiatan ini dalam upaya melestarikan seni Budaya Bali terutama basa, sastra dan aksara Bali.

Disamping itu tujuan lomba untuk meningkatkan minat anakianak untuk belajar aksara maupun Bahasa Bali. Lomba nyastra diikuti oleh anak-anak SD kelas IV sampai kelas VI di seluruh Kabupaten Badung dengan jumlah peserta 1.200 orang. (humasbadung/bpn)

 

Keterangan Foto : Sekda Badung Kompyang R. Swandika membuka lomba nyastra yang ditandai pemukulan gong, Minggu (11/12/2016) di halaman Pura Lingga Bhuwana, Puspem Badung.