BALIPORTALNEWS.COMUntuk memperingati hari jadinya, Komunitas Perjuangan memperingati HUT ke-1 dengan tema “Melalui Peringatan HUT ke-1, Komunitas Perjuangan siap mendukung dan mengawal kebijakan Pemerintah Kabupaten Badung yang Sejahtera, kuat, damai dan aman”, yang dikaitkan dengan Pengukuhan Pengurus Mangupura Riders.

Acara ini dihadiri Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Muspika Kecamatan Abiansemal, Perbekel se-Kecamatan Abiansemal, prejuru Adat dan Dinas se- Desa Blahkiuh dan se-Desa Bongkasa serta para anggota Komunitas Perjuangan, di Bali Rural Life br. Sayan Agung Desa Bongkasa. Minggu (11/12/2016).

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyampaikan, berkaitan dengan visi dan misi sebagai wujud yang telah diperbuat. Setelah pelantikan selama 6 (enam) bulan, waktu tersebut dipakai untuk merumuskan secara betul-betul kebijakan yang akan dijadikan sebagai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Semesta Berencana Kabupaten Badung 2016-2021.

Beberapa program urusan pilihan, urusan wajib ini memang penting, karena Pemerintah Kabupaten Badung berkomitmen untuk menjadikan krama Badung maju, aman dan sejahtera, maka mengedepankan 5 (lima) bidang skala prioritas pembangunan di Kabupaten Badung.

Pertama, berkaitan dengan pangan, sandang dan papan. Pangan, mampukah Subak di Kabupaten Badung memenuhi beras yang dibutuhkan masyarakat, kalau lebih akan dilakukan upaya dan kalau difisit akan bekerjasama dengan Kabupaten lain.

Sandang, seperti listrik, air begitu pula Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang dulunya perorang mendapat Rp.7,5 juta dan mulai tahun 2017 menjadi Rp. 15 juta perorang.

Selanjutnya berkaitan dengan Papan, rumah sehat layak huni dengan target 2 (dua) kamar tidur, 1 (satu) ruang tamu, 1 (satu) ruang bebas, 1 (satu) kamar mandi dan 1 (satu) dapur yang akan diberikan dana sebesar Rp. 50 juta, 55 juta sampai 60 juta perorang. Begitu pula dengan rehab rumah seperti perbaikan Plafon, perbaikan dapur, kamar mandi telah dianggarkan Rp.30 juta perorang.

Program bedah rumah di Kabupaten Badung dengan PPNSB (Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana) maka bedah rumah di Kabupaten Badung tahun 2018 sudah selesai semuanya.

Kedua berkaitan dengan Pendidikan dan kesehatan pada hari Selasa (13/12) ini akan di Lounching Laptop dengan jumlah 8.950 buah yang akan diberikan kepada siswa SD kelas VI di Kabupaten Badung, dan untuk tahun 2017 akan dilanjutkan program ini dengan memberikan Laptop kepada seluruh siswa SD kelas V. Seluruh SD kelas I dan SMP kelas I yang merupakan siswa baru akan akan diberikan Kostum lengkap.

Mulai tahun 2017 tidak ada lagi pungutan/iuran di Sekolah di Kabupaten Badung, agar pendidikan di Kabupaten Badung betul-betul gratis.

Lebih lanjut Giri Prasta menyampaikan, ketiga berkaitan dengan kesehatan ada proses lahir, hidup dan mati. Melahirkan di RS gratis dan langsung mendapatkan akte kelahiran, berobat gratis dan mati dapat santunan Rp. 10 juta, akte kematian dan perubahan KK baru, dan telah diprogramkan untuk penunggu pasien akan digaji maksimal Rp. 5juta serta masing-masing Desa akan diberikan Ambulance siaga.

Keempat berkaitan dengan Jaminan Sosial akan dibuka pelatihan-pelatihan kerja bagi kelompok-kelompok masyarakat dan diberikan pembinaan agar dapat terwujud Desa Berdikari (Berdiri diatas kaki sendiri), dengan menggali potensi yang ada di Desa itu sendiri. Dan yang Kelima berkaitan dengan kerangka pembangunan akan dimulai dari budaya.

Pada hari Selasa (13/12/2016) juga akan diserahkan mobil Pecalang untuk di masing-masing Desa Adat dan segala pembangunan yang ada di pura akan dibantu serta adat yang adat akan terus diperkuat.

Sementara itu Ketua Panitia I Made Siaga melaporkan, maksud dan tujuan dari Komunitas Perjuangan adalah turut serta secara aktif dan setiap kegiatan di masyarakat serta senantiasa memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka mewujudkan tujuan Pemerintah Kabupaten Badung sehingga cita-cita terwujudnya Kabupaten Badung yang kuat, aman ,damai dan sejahtera.

Keanggotaan dan elemen Komunitas Perjuangan bersifat terbuka yang terdiri dari kalangan masyarakat dengan berbagai latar belakang, sehingga keberadaannya diharapkan dapat menampung semua aspirasi yang berkembang di masyarakat dan dapat berkembang menjadi media serta fasilitator dengan pihak Pemerintah Kabupaten Badung. (humasbadung/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini