BALIPORTALNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Badung, Selasa (13/12/2016) hari ini, akan meluncurkan implementasi Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Semesta Berencana tahun 2016-2021.

Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Badung I Wayan Suambara menjelaskan, komiten Pemerintah Kabupaten Badung dibawah kepemimpinan Bupati I Nyoman Giri Prasta dan Wakil Bupati I Ketut Suiasa, melaksanakan program kebijakan pro rakyat dalam 5 (lima) bidang prioritas dalam PPNSB meliputi bidang sandang, pangan dan papan, bidang kesehatan dan pendidikan, bidang jaminan sosial dan tenaga kerja, bidang seni, adat, agama dan budaya dan bidang pariwisata.

Implementasi lima bidang prioritas tersebut, lanjut Suambara diterjemahkan dalam RPJMD Semesta Berencana tahun 2016-2021. Pada APBD Perubahan tahun 2016 lima bidang prioritas tersebut diwujudkan dalam sejumlah program kegiatan, yang diluncurkan hari ini secara serempak. Dalam bidang pendidikan berupa penyerahan sebanyak laptop untuk anak sekolah dasar (SD) kelas IV sebanyak 8.636 unit, dan telah diserahkan sebanyak 314 unit laptop untuk guru-guru. Selain itu untuk persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) telah diserahkan 1.144 unit komputer untuk 10 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri.

Dalam bidang kesehatan, pemerintah memberikan tiap desa/kelurahan masing-masing satu unit ambulan desa dengan total jumlah 62 ambulan. Tiap ambulan dilengkapi dengan 6 staf, meliputi masing 2 sopir, 2 perawat dan 2 bidang.Selain dilengkapi alat medis yang sifatnya darurat, ambulan ini juga dilengkapi food security kit untuk mengecek kesehatan dan keamanan makanan di desa, dengan bekerjasama dengan Badan POM. Masih pada bidang kesehatan juga akan diluncurkan program Krama Badung Sehat (KBS) yang menyasar sebanyak 464.622 krama Badung. Kemudian peluncuran sebanyak 609 tenaga juru pemantau jentik (Jumantik) dan peluncuran satu unit mobil diteksi dini kanker payudara.

Dalam bidang jaminan sosial dan tenaga kerja akan diserahkan sebanyak 500  sertifikat kompetensi tenaga kerja pariwisata. Sedangkan total tahun 2016 telah diserahkan sebanyak 1.600 sertifikat kompetensi. Bidang adat dan budaya Pemkab Badung memberikan bantuan sebanyak 122 unit mobil yang akan diserahkan kepada Desa Adat. Mobil ini akan digunakan untuk operasional kegiatan-kegiatan di Desa adat. Pada bidang pariwisata, Pemerintah Kabupaten Badung terus melakukan pembenahan sarana dan prasarana sejumlah obyek dan daya tarik wisata (ODTW) seperti Pantai Pandawa, Kutuh dan Taman Mumbul di Desa Sangeh.

Kebijakan bidang pariwisata lainnya adalah, memberikan bantuan keuangan kepada enam kabupaten (Jembrana, Tabanan, Klungkung, Bangli, Karangasem, Buleleng) yang bersumber dari penyisihan pajak hotel dan restauran. Kebijakan dengan konsep one island manajemen, untuk membangun infrastruktur obyek wisata di kabupaten penerima bantuan. 

Pada kegiatan peluncuran dari implementasi RPJMD Semesta Berencana tahun 2016-2021 selain dihadiri masyarakat Kabupaten Badung yang meliputi, siswa-siswi SD, Perbekel/Lurah, Bendesa Adat, tokoh-tokoh masyarakat serta pihak terkait, kegiatan yang dipusatkan di lapangan upacara Puspem Badung, juga akan dihadiri tokoh nasional yang juga Presiden RI ke 5 Ibu Megawati Soekarnoputri. Seperti diketahui Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) adalah buah pikiran Ir. Soekarno, yang merupakan ayahanda dari istri dari alm Taufik Kiemas ini. (humasbadung/bpn)

 

Keterangan Foto : Kepala Bappeda Litbang Kab. Badung I Wayan Suambara

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini