Pelatihan Mixologi
Pelatihan Mixologi Tingkatkan Kapasitas dan Kompetensi UMKM Badung. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, MANGUPURA – Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskopukmp) Kabupaten Badung menggelar pelatihan mixologi untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan UMKM, serta kapasitas dan kompetensi SDM UMKM dan kewirausahaan di Kabupaten Badung.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Cempaka Diskopukmp Badung, Rabu (24/4/2024) ini dibuka oleh Kepala Diskopukmp Badung, I Made Widiana, S.Sos., M.Si. Dalam sambutannya, I Made Widiana menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk membekali peserta dengan kemampuan menjadi mixologiest yang handal dan berdaya saing.

“Pelatihan ini juga membantu peserta mengembangkan soft skill seperti kemampuan dalam berinteraksi dan menjalankan suatu usaha,” jelas I Made Widiana.

Lebih lanjut, I Made Widiana mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi UMKM di Badung, khususnya yang bergerak di sektor pariwisata seperti kafe dan restoran.

Baca Juga :  Menuju Energi Bersih, PT ITDC Nusantara Utilitas Pimpin Konstruksi Jaringan Distribusi Pipa Gas Alam di Kawasan The Nusa Dua

“Kabupaten Badung berada di kawasan pariwisata, dan banyak kafe ataupun warung yang menyediakan minuman. Pelatihan ini tidak hanya membantu mereka untuk bekerja di sektor pariwisata, tetapi juga membantu mereka untuk mengolah dan membangun usaha,” terangnya.

Ia juga menegaskan, bagi peserta yang ingin membuka usaha, Kabupaten Badung juga menyediakan permodalan. Nanti kedepannya didahului dengan penandatangan MoU dan sebagainya. Sehingga modal untuk calon pengusaha yang diberikan Kabupaten Badung melalui Diskopukmp Kabupaten Badung ini sangat berarti nantinya. Akan tetapi kita juga akan mendidik mereka supaya mereka tetap berusaha dan terus berusaha kedepannya dan mampu untuk mencari modal sendiri dari usaha mereka.

Baca Juga :  Tiga Bulan Pertama 2024, Bandara I Gusti Ngurah Rai Layani 5,1 Juta Penumpang

“Kami berharap profesi mixologiest menjadi pilihan karir yang menjanjikan bagi kalangan generasi muda,” tutup I Made Widiana.

Kegiatan ini dihadiri oleh Staf Bagian Perekonomian, Putu Ambara; Analis Kebijakan Dinas Perindustrian dan Tenaga, Kerja, Arya Wiranata Darmawan; JF Analis Perdagangan Ahli Muda, Ni Made Widyaningsih; Analis Perencanaan dan Pelaporan Bappeda Badung, Ni Wayan Nariani; JF Pengembang Kewirausahaan Diskop. Ni Made Ari Yudani, Direktur SPB Bali, IGA Melistyari Dewi.(adv/gr/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News