BALIPORTALNEWS.COMUntuk memeriahkan HUT RI ke-71 tahun 2016, Sanggar Kori Agung Mas ikut  memeriahkan dengan mementaskan seni dan budaya.

Dalam penampilan seni dan budaya yang berlangsung di Balai Budaya, Gianyar, Senin (15/8/2016), Sanggar Kori Agung Mas menyuguhkan 5 garapan. Penampilan pertama yakni Tabuh Pepanggulan Cakra Arnawa yang diciptakan I Wayan Darya, dimana tabuh ini menonjolkan permainan nada diatonik yang dihimbangi dengan permainan tempo dan dinamika dengan menggunakan gong kebyar sebagai medianya.

Dalam kesempatan itu Sanggar Kori Agung Mas mempersembahkan Tari Sekar Jagat, Tari Legong Pengeleb, Tabuh Kreasi Candra, Tari Wiranjaya dan Tari Garuda Wisnu Kencana.

Penampilan terakhir yaitu Tari Garuda Wisnu Kencana menjadi daya tarik sendiri pada malam itu. Tari yang diciptaan I Nyoman Cerita dan I Gde Arya Sugiartha. Tarian ini menceritakan perjalanan Dewa Wisnu yang sedang mencari Tirta Amerta, dimana dalam perjalanannya mendapatkan bantuan burung Garuda yang sampai akhirnya bertemu dengan Dewi Laksmi.

Koordinator Sanggar, I Made Suardana mengatakan suatu kebanggaan Sanggar Kori Agung Mas dapat menghibur masyarakat Gainyar dalam menyambut HUT RI ke-71.

Pihaknya sangat mengapresiasi kepada Pemkab Gianyar karena sudah berkenan mengadakan kegiatan kesenian seperti ini ,mengingat sangat penting karena menjaga identitas sebagai masyarakat seni.

Penulis : Gung De
Editor : Yoga