Kerja sama
Pemkot Denpasar dan Pemkab Gianyar Sepakati Kerja Sama Pembangunan Antar Daerah. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar dan Pemerintah Kabupaten Gianyar, telah memulai kerja sama komprehensif, sebagai bagian dari komitmen kolaborasi antar daerah yang berbatasan.

Inisiatif kerja sama ini sendiri, diresmikan melalui penandatanganan Kesepakatan Bersama yang dilakukan oleh Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, dan Penjabat Bupati Gianyar, I Dewa Tagel Wirasa secara terpisah, pada awal Maret lalu.

Saat diwawancara, pada Rabu (6/3/2024) di kantor setempat, Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan, bahwa kolaborasi ini adalah bukti komitmen bersama untuk meningkatkan kehidupan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi lokal dan pelestarian budaya.

Selain itu, kerja sama ini dinilainya adalah upaya bersama dalam mendukung industri dan perdagangan, yang dapat membuka peluang ekonomi baru dan meningkatkan kesejahteraan sosial bagi masyarakat di Kota Denpasar maupun di Kabupaten Gianyar.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Hadirkan Kegembiraan Berlimpah Saat Idul Fitri Melalui Unparalleled Network Services Guaranteed

“Kami bertekad untuk mengembangkan sebuah ekosistem yang mendukung inovasi dan keberlanjutan dalam semua aspek,” ujar Jaya Negara.

Lebih lanjut, Wali Kota Jaya Negara mengemukakan, kerja sama ini tidak hanya sejalan dengan kewajiban konstitusional untuk berkolaborasi di antara wilayah yang berbatasan. Namun juga untuk menciptakan sinergi dalam pengembangan pariwisata, budaya, industri, perdagangan, dan sektor sosial.

“Dengan fokus utama pada pariwisata dan budaya, kita harapkan kerja sama ini dapat memperkuat identitas daerah dan meningkatkan daya tarik wilayah sebagai destinasi wisata global,” ungkapnya.

Sementara itu saat dihubungi terpisah, Penjabat Bupati Gianyar, I Dewa Tagel Wirasa menyambut baik adanya kerja sama antara kedua daerah. Pihaknya berharap, kerja sama ini dapat memperkuat kedudukan Bali sebagai destinasi wisata budaya yang berkelanjutan.

“Dengan memanfaatkan potensi kedua daerah dan memperhatikan keberlanjutan lingkungan serta sosial, Denpasar dan Gianyar tidak hanya akan memajukan ekonomi lokal melalui peningkatan sektor pariwisata dan budaya tetapi juga akan memperkuat kapasitas sosial dan ekonomi masyarakat,” tuturnya.

Dewa Nyoman Tagel juga menyampaikan, dengan adanya komitmen kedua pemerintah daerah, ia meyakini kerja sama ini dapat berjalan dalam kerangka yang luas dan multifaset.

Baca Juga :  Gandeng Berbagai Elemen Masyarakat, Kelurahan Sumerta Gelar Pemantaun Jaga Kamtibmas Menjelang Idul Fitri

Dengan menggabungkan sumber daya, keahlian, dan visi, Denpasar dan Gianyar bertujuan untuk mencapai tujuan bersama dalam menghadirkan pengalaman yang kaya dan membangun masa depan yang lebih baik bagi masyarakat.

“Kerja sama ini juga diharapkan menjadi model bagi pembangunan antardaerah lainnya, menunjukkan bagaimana sinergi dan kolaborasi dapat memperkuat kemajuan sosial dan ekonomi,” tutupnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News