Rapat Koordinasi
Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat menghadiri Rapat Koordinasi Penyediaan dan Pendistribusian LPG Tabung 3 Kg di Provinsi Bali yang digelar di Gedung Jaya Sabha, Kamis (7/3/2024). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menghadiri Rapat Koordinasi Penyediaan dan Pendistribusian LPG Tabung 3kg di Provinsi Bali yang digelar di Gedung Jaya Sabha, Kamis (7/3/2024). Hal ini merupakan tindak lanjut atas kelangkaan LPG 3kg di wilayah Bali beberapa waktu belakangan ini.

Kegiatan tersebut dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Bali, I Dewa Gede Mahendra Putra dan dihadiri langsung Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji serta Bupati se-Bali.

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menjelaskan, pertemuan ini dilaksanakan sebagai respons terhadap kelangkaan suplai LPG 3kg di wilayah Kota Denpasar. Dimana, situasi ini mempengaruhi pasokan energi penting ini di wilayah kabupaten/Kota di Bali.

Dalam kesempatan tersebut Jaya Negara menyampaikan keprihatinannya atas dampak yang ditimbulkan oleh kejadian tersebut terhadap masyarakat setempat. Hal ini mengingat LPG 3kg menjadi kebutuhan penting masyarakat, terutama yang menengah ke bawah.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Buka Puasa Bersama Sahabat Disabilitas Kota Denpasar

Dalam pertemuan itu, Wali kota Jaya Negara bersama Dirjen Kementrian ESDM, Tutika Ariadji serta pimpinan Kabupaten se-Bali untuk mencari solusi guna memastikan pasokan LPG kembali normal dan aman bagi konsumen.

Dalam kesempatan tersebut juga turut dibahas langkah-langkah preventif yang dapat diambil untuk mencegah terulangnya kejadian serupa di masa mendatang.

“Kami memprioritaskan kebutuhan masyarakat Denpasar. Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan pihak terkait guna menangani masalah ini dengan cepat dan efektif,” kata Jaya Negara.

Dirjen Migas, Tutuka Ariadji menanggapi serius kekhawatiran yang disampaikan oleh Wali kota Denpasar beserta Bupati lainnya.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Pimpin Peringatan Hari Otoda di Kota Denpasar, Dua Penghargaan Nasional Diterima Wali Kota Jaya Negara

Pihaknya mengaku siap untuk bekerja sama dalam menyelesaikan masalah kelangkaan pasokan LPG 3kg di wilayah Bali.

“Terkait kelangkaan pasokan LPG 3kg, penurunan pasokan pada Tahun 2024 memang terjadi di hampir seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia, kami akan melakukan evaluasi terkait masalah ini untuk memastikan kelancaran pasokan LPG 3kg di wilayah Kabupaten/Kota yang terdampak di Bali dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah kejadian serupa di masa depan,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari mengatakan, adapun usulan kuota LPG 3kg Pemkot Denpasar Tahun 2024 sebanyak 57.147.084kg. Dari jumlah tersebut adapun rinciannya yakni jumlah KK miskin sebanyak 2.501 KK dengan kuota penggunaan 4 kali dalam sebulan menjadi 120.048 Tabung dalam setahun. Sedangkan usaha mikro sebanyak 15.023 dengan kuota penggunaan 3,5 tabung per hari dengan jumlah selama setahun sebanyak 18.928.980 Tabung dalam setahun.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News