KKN Mahasiswa Unmas Denpasar
KKN Mahasiswa Unmas Denpasar di Desa Singapadu, Gianyar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar  kembali menunjukkan komitmennya dalam pengabdian kepada masyarakat melalui Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang kali ini bertempat di Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Sebanyak 32 mahasiswa terpilih untuk mengikuti program ini yang dijadwalkan berlangsung hingga awal Mei 2024.

Program KKN Unmas Denpasar di Desa Singapadu bukan sekadar kegiatan rutin, melainkan sebuah kolaborasi yang penuh makna antara mahasiswa dan masyarakat desa. Di bawah bimbingan dosen pembimbing lapangan, Desak Ayu Sriary Bhegawati, S.E., M.Si., para mahasiswa akan bekerja sama dengan warga desa untuk membantu memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Program KKN ini merupakan wujud nyata Tri Dharma Perguruan Tinggi, di mana kami mengabdikan ilmu pengetahuan dan keahlian kami untuk membantu masyarakat,” jelas Desak Ayu.

Ia menambahkan bahwa program ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa empati dan kepedulian mahasiswa terhadap sesama.

Baca Juga :  Rayakan HUT Ke-6, SMP Negeri 5 Abiansemal Tanam Ratusan Pohon dan Bhakti Sosial

Bersama Membangun Desa

Setibanya di Desa Singapadu, para mahasiswa disambut hangat oleh Perbekel Desa Singapadu, I Made Budiarta. Dalam sambutannya, I Made Budiarta menyampaikan harapannya agar program KKN ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat desa.

“Saya harap program KKN ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan mendorong kemajuan desa secara berkelanjutan,” ujar I Made Budiarta.

Untuk mencapai tujuan tersebut, para mahasiswa telah menyusun 16 program kerja yang terbagi dalam empat bidang unggulan: Proyek Kemanusiaan, Membangun Desa, Kegiatan Berwirausaha, dan Kegiatan Kampus Mengajar. Program-program ini dirancang berdasarkan hasil observasi mendalam yang dilakukan oleh para mahasiswa untuk memahami kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat desa.

Menjalin Interaksi dan Memperkuat Kebersamaan

Salah satu fokus utama program KKN Unmas Denpasar di Desa Singapadu adalah menjalin interaksi dan memperkuat kebersamaan dengan masyarakat desa. Para mahasiswa akan mengadakan berbagai kegiatan, seperti pertemuan, diskusi, dan lokakarya, untuk memahami lebih dalam tentang budaya, adat istiadat, dan aspirasi masyarakat desa.

Baca Juga :  Sambut Hari Pendidikan Nasional, PLN Beri Edukasi Siswa-siswi SMKN 1 Nganjuk di Bali

“Kami ingin membangun hubungan yang kuat dan saling percaya dengan masyarakat desa. Sehingga program-program yang kami jalankan dapat lebih efektif dan berdampak positif secara berkelanjutan,” jelas Desak Ayu.

Komitmen untuk Pembangunan Berkelanjutan

Program KKN Unmas Denpasar di Desa Singapadu tidak hanya berfokus pada solusi jangka pendek, tetapi juga pada pembangunan berkelanjutan. Para mahasiswa akan merancang program-program yang dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat dan lingkungan desa.

“Kami ingin memastikan bahwa program KKN ini bukan hanya memberikan manfaat sesaat, tetapi juga dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi desa dan masyarakatnya,” tegas Desak Ayu.

Baca Juga :  Desa Swan Villas & SPA Keramas, Surga Liburan Bernuansa Bali

Melangkah Bersama Menuju Kemajuan

Program KKN Unmas Denpasar di Desa Singapadu merupakan contoh nyata bagaimana mahasiswa dapat berperan aktif dalam pembangunan masyarakat. Melalui kolaborasi dan kerja sama yang erat dengan masyarakat desa, para mahasiswa diharapkan dapat membantu mendorong kemajuan dan kesejahteraan Desa Singapadu.

KKN UNMAS DPS_SINGAPADU
KKN Mahasiswa Unmas Denpasar di Desa Singapadu, Gianyar. Sumber Foto : Istimewa

“Kami yakin bahwa dengan semangat kebersamaan dan komitmen yang kuat, program KKN ini akan menjadi langkah awal yang positif dalam membangun masa depan yang lebih cerah bagi Desa Singapadu,” tutup Desak Ayu.

KKN Unmas Denpasar di Desa Singapadu bukan hanya sekadar kegiatan pengabdian masyarakat, tetapi juga merupakan sebuah investasi untuk masa depan. Dengan semangat kolaborasi dan tekad yang kuat, mahasiswa Unmas Denpasar dan masyarakat Desa Singapadu siap melangkah bersama menuju kemajuan bersama.(kkn-unmasdenpasar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News