Harkitnas
Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-116 di Kabupaten Bangli. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta menjadi Pembina Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 di Kabupaten Bangli, yang bertempat di halaman Kantor Bupati Bangli, Senin (20/5/2024).

Tema Harkitnas kali ini adalah ‘Bangkit Untuk Indonesia Emas’ yang bertujuan untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan pentingnya semangat cinta tanah air di kalangan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda.

Upacara Harkitnas ini dihadiri oleh Wakil Bupati Bangli, Anggota Forkopimda Kabupaten Bangli para Pimpinan Perangkat Daerah (PD) serta para ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli.

Dalam kesempatan ini Sedana Arta membacakan Sambutan Menteri Komunikasi Informatika Budi Arie septiadi mengungkapkan, bahwa kita dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang yakni kemajuan teknologi yang melesat cepat. Kita sudah memilih bukan hanya ikut-serta tetapi lebih daripada itu, menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia.

“Hari-hari ini hingga dua dekade ke depan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua,” terangnya.

Refleksi atas pilihan tersebut bisa kita rujuk dengan ‘berkunjung kembali’ kepada gagasan awal menjadikan dan membentuk Indonesia. Sejarah diperlukan bukan karena sensasi politiknya, juga bukan sebagai sumber keteladanan nilai semata-mata tetapi pada percakapan terus menerus tentang kemajuan, kemanusiaan dan kesejahteraan.

Keteladanan tidak harus diikatkan pada masa lalu, namun dapat dikaitkan dengan masa depan yakni pada ide-ide yang membuka ruang imajinasi peradaban.

Lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo, yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Boedi Otomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini.

Baca Juga :  Expat. Roasters Bangun Industri Kopi Berkualitas di Indonesia dengan Komitmen Terhadap Petani Lokal

Selain Boedi Oetomo, R.A. Kartini yang mengawali lahirnya gagasan kemerdekaan, kebebasan, kesetaraan, keadilan, persaudaraan dan kemajuan, melalui tulisan-tulisannya yang tersiar ke penjuru dunia. Dialah yang menggodok aspirasi-aspirasi kemajuan di Indonesia untuk pertama kali muncul sejak lebih dari seabad lalu. Di tangannya kemajuan itu dirumuskan, diperinci, dan diperjuangkan, untuk kemudian menjadi milik seluruh Bangsa Indonesia.

Kartini merupakan pembaharu dalam menggagas sebuah imajinasi mengenai sebuah tatanan masyarakat yang merdeka, dan sebuah cita-cita ideal baru tentang bangsa yang lebih besar dibandingkan asal-usul sosialnya sendiri. Apa yang digagas Kartini telah jauh melampaui kisah hidupnya sendiri. Ia telah memberikan inspirasi penting bagi sumbu-sumbu kecil, yakni para kaum muda ‘embrio bangsa’, yang perlahan menyala berkobar yang kemudian kita kenal sebagai pergerakan Kebangkitan nasional.

Apa yang digagas Boedi Oetomo, Kartini dan para embrio bangsa, kemudian dirumuskan Bung Karno sebagai ‘jembatan emas’. Kemerdekaan dibayangkan Bung Karno sebagai sebuah ‘jembatan emas’ yang akan membawa bangsa Indonesia menikmati kehidupan sejahtera lahir dan batin di atas tanah sendiri. Bung Karno juga menekankan bahwa di ujung ‘jembatan emas’ akan selalu ada kemungkinan yang dapat membawa Indonesia menuju kebaikan ataupun sebaliknya, yang dalam bahasa Bung Karno ‘bahagia bersama atau menangis bersama’.

Baca Juga :  Bupati Bangli Lepas Kontingen untuk Pekan Olahraga Pelajar Provinsi Bali 2024

Hari ini, kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri Bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru, terangnya.

Banyak kesulitan yang berhasil diselesaikan oleh teknologi. Pada titik ini gambarannya makin jelas, penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong ‘Indonesia Emas’.

Inovasi teknologi digital bertumbuh setiap hari, kecepatannya bak lompatan kuantum. Teknologi digital telah menebas banyak keterbatasan manusia. Semua seperti mendekat terpampang di depan mata jarak bagai tak lagi relevan. Kehadiran visual menyempurnakan kehadiran suara.

Sementara itu, di hadapan kita telah terbentang potensi kekuatan yang siap merambah dunia. Bonus demografi menunjukkan bagaimana 60% penduduk Indonesia dalam dua dekade ini menjadi tenaga usia produktif yang siap mengembangkan inovasi-inovasi baru bagi kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi. Sebagaimana telah berkali-kali dinyatakan oleh Presiden Joko Widodo, peluang kita menjadi negara maju ada dalam 10 hingga 15 tahun ke depan dengan memaksimalkan bonus demografi. Presiden juga menekankan bagaimana di dalam sejarah peradaban negara-negara dan bangsa-bangsa. Kesempatan itu hanya datang satu kali, oleh karenanya kita sama sekali tidak boleh keliru dalam memilih langkah.

Bonus demografi yang dimiliki Indonesia haruslah dikelola dengan kebijaksanaan. Salah satu yang berpeluang menjadi penopangnya adalah adopsi teknologi digital. Tingkat penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 79,5% dari total populasi. Ini diperkuat dengan potensi ekonomi digital ASEAN yang diperkirakan meroket hingga 1 triliun USD pada Tahun 2030.

Baca Juga :  Sedana Arta Tutup Pameran Nasional PPBI Cabang Bangli Tahun 2024

Dalam aspek bisnis, sosial dan ekonomi transformasi digital dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bisnis. Sementara itu dalam aspek sosial dan lingkungan, transformasi digital mampu meningkatkan akses terhadap berbagai teknologi untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Potensi-potensi ini tentu mendukung percepatan transformasi digital, sekaligus membuka peluang bagi Indonesia untuk keluar dari middle-income trap. Perekonomian Indonesia harus tumbuh di kisaran 6 hingga 7% untuk dapat mencapai target negara berpendapatan tinggi atau negara maju pada tahun 2045.

Dengan pencanangan percepatan transformasi digital nasional oleh Bapak Presiden Joko Widodo yang dipacu beberapa tahun terakhir ini, tantangan demi tantangan dapat kita hadapi bersama. Kerja bersama dari seluruh komponen bangsa telah menggerakkan roda transformasi dengan pasti. Hasil demi hasil bisa mulai dinikmati, mulai dari kalangan perkotaan sampai dengan pedesaan, di seluruh penjuru tanah air.

Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri dan keyakinan bahwa kemajuan telah terpampang di depan mata. Demografi kita yang merupakan potensi transformasi digital kita menjadi modal dasar menuju ‘Indonesia Emas 2045’.

“Mari kita rayakan Hari Kebangkitan Nasional untuk menuju Indonesia Emas,” tutupnya.(an/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News