Verifikasi
Operator sekolah melakukan verifikasi online berkas calon peserta didik baru. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025 untuk SMP negeri di Kota Denpasar telah menutup pendaftaran jalur prestasi dengan penambahan waktu hingga tiga jam pada Kamis (20/6) pukul 18.00 WITA. Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, AA Gede Wiratama, sebanyak 3.911 berkas pendaftaran diterima untuk jalur tersebut.

Dari jumlah tersebut, 1.447 berkas dinyatakan tidak lolos verifikasi dan gugur sebelum pengumuman. Tim verifikator dari masing-masing sekolah telah melakukan proses verifikasi, sementara 2.464 berkas dinyatakan lolos verifikasi.

Baca Juga :  Set Passphrase TTE di Bagian Prokopim, Diskonminfos Kota Denpasar Lakukan Sosialisasikan dan Pendampingan

Pengumuman hasil seleksi PPDB jalur prestasi dijadwalkan tetap dilakukan sesuai jadwal pada Sabtu (22/6/2024) pukul 06.00 WITA secara online.

Menurut Wiratama, PPDB SMP Negeri Denpasar tahun ini mengadopsi empat jalur seleksi, yaitu jalur zonasi (60%), afirmasi (5%), prestasi (30%), dan perpindahan tugas orang tua/wali (5%). Jalur zonasi dibagi menjadi jalur zonasi umum (40%) dan jalur zonasi bina lingkungan (20%), sementara jalur prestasi terdiri dari prestasi akademik (6%) dan prestasi non-akademik (24%).

Prestasi non-akademik sendiri terbagi menjadi beberapa kategori, termasuk Utsawa Dharma Gita, lomba Puja Tri Sandya, Bulan Bahasa Bali, Olahraga, Seni, dan Pesta Kesenian Bali.

Wiratama menegaskan komitmen untuk menjalankan PPDB sesuai dengan juknis yang berlaku, dengan tujuan mewujudkan seleksi yang kredibel dan bertanggung jawab.(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News