Pemilu Serentak 2024
KPU RI Gelar Simulasi Pemilu Serentak 2024 di Provinsi Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Komisi Pemelihan Umum (KPU) RI menggelar simulasi pelaksanaan Pemilu Serentak 2024. Kegiatan tersebut berlangsung pada Kamis (2/12/2021) di halaman depan Kantor KPU Bali, Denpasar, yang kali ini menjadi tuan rumah pelaksanaan simulasi Pemilu 2024 dengan menghadirkan puluhan responden dari seluruh lapisan masyarakat dalam pelaksanaannya.

Dalam kesempatannya, Ketua KPU Provinsi Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan menjelaskan, simulasi digelar dalam rangka untuk mencoba menyederhanakan surat suara dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang, dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat yang akan mengikuti gelaran Pilpres dan Pileg 2024 mendatang.

Baca Juga :  Gubernur Koster Dukung Sinergitas BNN, KPK dan BNPT Berantas Narkoba, Korupsi dan Terorisme

“Kalau selama ini menggunakan 5 surat suara yang menurut hasil kajian itu menyulitkan masyarakat, dalam simulasi ini kita mencoba untuk menyederhanakan surat suara menjadi 2 bentuk. Semua responden akan melakukan hal yang sama, setelah itu nanti kami survei apakah perubahan tersebut bisa lebih bermanfaat atau malah sebaliknya,” jelas Agung Lidartawan kepada Jurnalis Baliportalnews.com.

Selanjutnya, Agung Lidartawan juga memaparkan, bahwa kegiatan simulasi ini lebih mengkaji kepada proses penggunaan surat suaranya dan model penghitungannya. Karena kebetulan Bali yang ditunjuk oleh KPU pusat, untuk itu pihaknya melakukan revisi dengan mengundang berbagai stakeholder yang ada di Bali.

Baca Juga :  PH Tardakwa Yakinkan Nengah Alit Tidak Bersalah dan Meminta Hakim Bisa Bersikap Adil

“Ini kan merupakan keinginan dari perubahan yang dilakukan oleh KPU, kalau ini memang dirasa akan lebih menguntungkan dan memudahkan masyarakat, saya pikir DPR nanti akan segera merevisi Undang-undangnya,” terangnya.

Sementara itu, salah satu korespenden yang hadir dalam kegiatan simulasi yang digelar, dari perwakilan DPD Partai Gerindra Bali mengatakan, dengan adanya simulasi dan penyederhanaan surat suara pada Pemilu 2024 mendatang, hal ini justru lebih memudahkan pihaknya dalam melakukan pekerjaan untuk internal partai perwakilan daerah Bali secara khususnya.

Baca Juga :  SIWO PWI Dukung Penuh Desain Besar Olahraga Nasional

“Ya dengan begini, semua harus siap. Dan kebetulan digelarnya di Bali, teman-teman di partai juga sudah harus siap, untuk menyambut Pemilu Serentak 2024 yang notabene lebih berat dan menguras tenaga dalam pelaksanaannya,” paparnya kepada Baliportalnews.com. (aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here