Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BABALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Tim promosi pariwisata Kabupaten Badung kembali melakukan promosi ke Jerman. Kegiatan promosi tersebut  dilakukan sejak 7 hingga 14 Maret 2018. Tim promosi melakukan promosi ke Kota Berlin  dengan mengikuti event Internationale Tourismus-Börse (ITB) Berlin.

Rombongan sales mission promosi pariwisata dipimpin Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, Ir. I Made Badra, MM  ; Ketua BPPD Badung IGN Rai Suryawijaya, SE,MBA; dengan tim Dr. Ni Made Eka Mahadewi, Herdy Sayoga. Kegiatan ini juga menyertakan pimpinan asosiasi Ketua HPI: I Nyoman Nuarta; Ketua SIPCO Bali: Juarez R.Putra; Ketua Bali Wedding Association/BWA: Dion Satvika; Ketua PGI/Perhimpunan Golf Indonesia: Agung Kresnajaya.

Turut serta rombongan industri dari Bagus Retreat Resort, Discovery Kartika Plaza Hotel, Double Six Luxury Hotel Seminyak, Puri Bagus Villa Resort,  Payogan Hotel, Samaya Resort, Hotel Seminyak Beach Resort and Spa, Karma Resort Hotel, Lawalon Hotel dan pendukung sponsor voucher dari asosiasi Golf Bali serta lainnya dari anggota PHRI Badung.

Ketua BPPD Badung IGN Rai Suryawijaya mengatakan, Berlin dan Munich menjadi pilihan untuk dijadikan tempat promosi yang tepat, karena kedua kota ini adalah kota utama dan kedua yang terkenal dan top di Jerman. “Tentunya harapan para seller dari industri pariwisata Badung adalah terjadinya transaksi dari pembeli (buyer) paket wisata Badung dan Bali. Kunjungan wisatawan Jerman yang datang ke Bali pada tahun 2017 menduduki peringkat 8 setelah China, Australia, India, Jepang, Inggris, Amerika, Perancis,” ujarnya.

Baca Juga :  IHGMA DPD Bali Gelar Rakerda IV, Mendorong Pariwisata Menuju Regeneratif

Lebih lanjut dikatakan, jumlah kunjungan wisatawan Jerman tahun 2017 adalah sebesar 177.184 meningkat 15,11% dari tahun sebelumnya yang berjumlah 153.925 orang. Tahun 2018 ini kunjungan wisman Jerman diharapkan mencapai sejumlah 230.340 atau dengan kenaikan 30% dari tahun sebelumnya, ujar Kadisparda Badung dengan sangat meyakinkan.

“Tim promosi Badung telah melakukan program Sales Mission melalui agenda pertemuan penjual dan pembeli  pada breakfast meeting di hotel Bristol Berlin dan pertemuan dengan wholesaler di event ITB Berlin. Dalam kegiatan ini hadir langsung CEO dari agen penerbangan Singapore Airline di Berlin dan wholesaler penentu kebijakan dalam perusahaan. Harapan yang kita ingin capai adalah memberikan mesin pengingat kepada usaha perjalanan di Eropa khususnya Jerman untuk selalu mengirimkan warganya berwisata ke Badung,”paparnya.

Baca Juga :  Libur Lebaran, Akomodasi Pariwisata Gumi Lahar Kecipratan Berkah

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung,  I Made Badramengungkapkan, kunjungan wisatawan Jerman ke luar negeri didominasi oleh 53% untuk kegiatan berlibur, diikuti dengan mengunjungi teman dan kerabat (19%), MICE (7%), lainnya untuk belajar kebudayaan Bali. “Pangsa pasar Jerman sangat mencintai kegiatan wisatanya ke negara Spanyol, Yunani, Turki, Mesir, Bulgaria dan Tunisia. Perjalanan yang dekat (short houl) menuju wisata kota dunia di Eropa dan Timur Tengah, menjadi alasan tepat bagi wisatawan Jerman berkunjung. Tentunya ini menjadi tantangan pariwisata kita di Bali untuk merebut perhatian mereka agar bisa langsung ke Badung-Bali. Upaya penerbangan yang memudahkan perjalanan wisatawan Jerman ke Badung-Bali, telah dilakukan dengan menggandeng penerbangan langsung dari Jerman ke Bali,”ungkapnya.

Agenda promosi lainnya dilakukan di Pullman Hotel Munich. Kegiatan dalam bentuk pertemuan makan malam mendapat sambutan sangat meriah dari undangan buyer dari wholesaler dan tour operator yang diundang sebanyak 40 orang serta telah hadir sebanyak 40 orang. Dengan sajian makanan nusantara, para buyer dijamu untuk menunjukkan bahwa mereka hadir dalam pertemuan dengan tim promosi Indonesia.

Acara juga dihadiri oleh Sales Manager Singapore Airline (SQ) Germany and Eastern Europe Mr. Thomas Russenburg, yang sangat antusias memberikan sponsor tiket gratis sebagai Grand Prizes SQ Premium Economy dari Munich ke Bali. Dukungan dari industri lainnya yang menjadi anggota PHRI Badung juga hadir dalam pertemuan ini. (humas-badung/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News