IHGMA
IHGMA DPD Bali Gelar Rakerda IV, Mendorong Pariwisata Menuju Regeneratif. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) DPD Bali mengadakan Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) ke-4 dengan tema “Embracing Regenerative Tourism: Moving Beyond Sustainable Tourism.” Acara ini, yang juga merayakan ulang tahun ke-8 IHGMA dan Hari Kartini, berlangsung di The Trans Resort Bali.

Ketua Panitia Rakerda, Oka B. Cahyani, SE, menyatakan bahwa acara ini menandai komitmen IHGMA DPD Bali dalam menggalakkan pariwisata yang lebih dari sekadar berkelanjutan.

“Kami ingin menciptakan dampak positif dalam setiap aspek pariwisata di Bali,” ungkapnya.

Dr. Yoga Iswara, BBA., BBM., MM., CHA, Ketua IHGMA DPD Bali, menambahkan bahwa pariwisata regeneratif merupakan langkah lebih maju dari pariwisata berkelanjutan.

Baca Juga :  Tanly Hospitality Gelar Media Luncheon untuk Rayakan Pembangunan Kompleks Restoran di Bali

Pariwisata regeneratif bukan hanya tentang menjaga sumber daya alam dan budaya, tetapi juga memperbarui dan meningkatkannya. Hal ini dianggap relevan mengingat tantangan perubahan iklim dan kerusakan lingkungan yang semakin meningkat.

“Selain itu, IHGMA Bali juga berkomitmen dalam memerangi masalah sampah plastik dengan mengadopsi kebijakan pengurangan penggunaan plastik sekali pakai di lingkungan hotel dan akomodasi pariwisata,”terang Yoga Iswara.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Bali, Tjok Bagus Pemayun, menekankan pentingnya peran IHGMA dalam mengawal pariwisata Bali menuju konsep yang berbudaya, berkualitas, dan berkelanjutan.

Baca Juga :  Pusat Asesmen Pendidikan Pantau Kesiapan Uji Kesetaraan di PKBM Widya Sentana

Komang Artana, Ketua Harian IHGMA DPD Bali, menegaskan fokus utama kegiatan regeneratif adalah memperkuat produk lokal.

“Kami percaya kekayaan budaya dan alam Indonesia adalah aset tak ternilai,” katanya.

I Made Dwijantara, SE., MM., Kabid Pelatihan dan Sertifikasi IHGMA Bali, menyoroti pentingnya kualitas tenaga kerja dalam industri pariwisata. Melalui pelatihan yang berkelanjutan, mereka berharap dapat melahirkan generasi pelaku pariwisata yang handal.

Acara Rakerda ditutup dengan sidang pleno dan rapat komisi yang dipimpin oleh Milka Sitorus, Arie Santoso, dan Dana Aditya. Laporan pertanggungjawaban Ketua IHGMA DPD Bali terkait Program dan Kegiatan 2023 serta Rencana Kerja 2024 disahkan dalam rapat tersebut.

Baca Juga :  Astra Dukung 10th World Water Forum 2024

Rakerda IV IHGMA DPD Bali 2024 berlangsung dengan hikmat, hangat, dan penuh kekeluargaan, menunjukkan komitmen bersama untuk mengangkat pariwisata Bali ke tingkat yang lebih tinggi, sambil menjaga keberlangsungan lingkungan dan sosialnya. (ads/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News