Asuransi
Memilih Asuransi Mobil All Risk, Ketahui Dulu Cara Klaimnya. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Asuransi mobil All Risk menjadi pilihan yang populer. Sebab, proteksi ini memberi perlindungan yang luas terhadap berbagai risiko yang mungkin terjadi pada kendaraan.

Dengan polis asuransi mobil All Risk, Anda tidak hanya terlindungi dari kerusakan karena kecelakaan, tetapi juga dari risiko lain seperti pencurian, kebakaran, atau bencana alam.

Proteksi ini memberikan Anda ketenangan pikiran. Pasalnya, kendaraan Anda dilindungi secara menyeluruh untuk berbagai kondisi.

Sebelum memilih proteksi ini, sebaiknya Anda memahami dulu asuransi mobil All Risk. Termasuk, cara klaim asuransi All Risk.

Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan TLO

Perbedaan utama antara asuransi mobil All Risk atau comprehensive dan asuransi Total Loss Only (TLO) terletak pada cakupan perlindungan yang diberikan.

Dalam asuransi mobil All Risk, kendaraan Anda dilindungi dari berbagai jenis kerusakan, baik kecil maupun besar. Sementara itu, dalam TLO kendaraan Anda hanya akan mendapat perlindungan jika mengalami kerusakan total atau hilang secara permanen.

Oleh karena itu, asuransi mobil All Risk memberikan cakupan yang lebih luas dan menyeluruh.

Biaya Asuransi Mobil All Risk

Biaya premi asuransi mobil All Risk biasanya lebih tinggi dibandingkan TLO karena cakupan perlindungan yang lebih komprehensif. Namun, hal ini sebanding dengan tingkat perlindungan lebih tinggi yang Anda inginkan.

Biaya premi akan bergantung pada beberapa faktor. Termasuk nilai kendaraan, usia kendaraan, wilayah tempat tinggal, dan riwayat klaim Anda.

Perluasan (Rider) Asuransi Mobil

Selain cakupan standar, Anda juga dapat memperluas perlindungan asuransi mobil All Risk dengan menambahkan rider tambahan.

Rider ini dapat mencakup perlindungan tambahan seperti asuransi kecelakaan penumpang, asuransi ban serep, atau asuransi kaca depan.

Dengan menambahkan rider, Anda dapat meningkatkan tingkat perlindungan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Cara Mengajukan Klaim Asuransi Mobil All Risk

Proses klaim asuransi mobil All Risk melibatkan beberapa langkah. Berikut ini adalah langkah yang perlu Anda ikuti dengan cermat.

Lengkapi dokumen persyaratan

Langkah pertama, pastikan Anda memiliki semua dokumen yang diperlukan. Termasuk polis asuransi, KTP atau identitas lainnya, SIM, STNK, dan laporan kecelakaan dari kepolisian.

Hubungi agen atau pihak asuransi

Langkah selanjutnya adalah menghubungi agen asuransi atau pihak asuransi langsung untuk memberitahu kejadian dan meminta petunjuk lebih lanjut mengenai proses klaim.

Baca Juga :  Jadi Penguji Eksternal UKK, Astra Motor Bali Dukung Kelulusan SMK Negeri 2 Negara

Isi formulir klaim asuransi mobil

Anda akan diminta mengisi formulir klaim asuransi mobil dengan detail yang akurat mengenai kejadian dan kerusakan yang terjadi pada kendaraan.

Siapkan dokumen pihak ketiga (jika diperlukan)

Jika terjadi kecelakaan dengan pihak ketiga yang terlibat, Anda mungkin perlu menyediakan dokumen tambahan seperti laporan dari pihak ketiga atau kesaksian dari saksi.

Lengkapi bukti foto kerusakan

Sambil menunggu pihak asuransi melakukan peninjauan, pastikan mengumpulkan bukti foto kerusakan pada kendaraan. Foto-foto ini akan menjadi bukti yang penting dalam proses klaim Anda.

Wawancara dengan pihak asuransi

Pihak asuransi mungkin akan mengadakan wawancara dengan Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kejadian. Pastikan Anda memberi jawaban yang jujur dan akurat untuk memperlancar proses klaim.

Penerbitan Surat Perintah Kerja (SPK) untuk bengkel

Setelah klaim Anda disetujui, pihak asuransi akan mengeluarkan Surat Perintah Kerja (SPK) kepada bengkel untuk memperbaiki kendaraan. Pastikan Anda memahami prosedur dan biaya yang terkait dengan perbaikan tersebut.

Baca Juga :  Sosialisasi Safety Riding, Petugas Pengamanan Grup Astra Bali Turut Gaungkan Generasi #Cari_Aman

Syarat Klaim Asuransi Mobil

Untuk dapat mengajukan klaim asuransi mobil, Anda harus memenuhi beberapa syarat tertentu.

Seperti memiliki polis asuransi yang masih berlaku, melaporkan kejadian ke pihak asuransi dalam waktu yang ditentukan, dan menyediakan dokumen-dokumen yang diminta.

Tips Mengajukan Klaim Asuransi Mobil Antigagal

Beberapa tips yang dapat membantu Anda mengajukan klaim asuransi mobil meliputi beberapa langkah.

Yaitu melaporkan kejadian secepat mungkin, menyediakan dokumen-dokumen yang lengkap dan akurat, serta tetap berkomunikasi dengan pihak asuransi untuk memantau perkembangan klaim Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips-tips di atas, Anda dapat mengajukan klaim asuransi mobil All Risk dengan lancar dan mendapatkan kompensasi yang layak atas kerusakan yang terjadi pada kendaraan.

Jangan ragu untuk mempercayakan perlindungan mobil Anda kepada Roojai, perusahaan asuransi yang dapat diandalkan dan berpengalaman dalam memberikan perlindungan terbaik bagi kendaraan Anda!

Buat Anda yang masih belum memiliki produkproteksi kendaraan, bisa mengeceknya di asuransi online terbaik roojai.co.id. (*/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News