BKS LPD Bali Anugrahkan Penghargaan Kepada Alm. I.B Mantra

185

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sosok Alm. Prof.Dr.I.B Mantra tidak bisa dilepaskan dari sejarah berdirinya Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Bali. Pembentukan LPD sebagai ekonomi berbasis komunitas masyarakat Bali itu memberi inspirasi sosok Alm. I.B Mantra yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Bali.

Pada tahun 1983, pucuk pimpinan Pemerintah Daerah Provinsi Bali ini merumuskan gagasan membentuk sebuah lembaga keuangan berbasis adat dengan mengadopsi konsep sekaa, banjar dan desa adat yang telah tumbuh di tengah-tengah masyarakat Bali.

Atas jasa-jasa tersebut Badan Kerjasama (BKS) LPD Provinsi  Bali memberikan penghargaan kepada Alm.Prof. Dr. I. B Mantra sebagai Perintis LPD di Bali. Penghargaan ini diterima perwakilan keluarga yakni Ny. Bandri Mantra didamping I.B Rai Dharmawijaya Mantra putra ketiga Alm.I.B Mantra.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Ketua BKS LPD Provinsi Bali, I Nyoman Cendikiawan, Senin (20/11/2017) di Denpasar.  Kegiatan ini juga dihadiri Ketua LPD dan Bendesa se-Bali serta Instansi terkait lainnya.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada BKS LPD Provinsi Bali atas penghargaan yang diberikan. Penghargaan ini untuk masyarakat Bali dalam mengajegkan Bali, serta diharapkan kebudayaan mampu berjalan secara berkelanjutan kedepannya,” ujar Rai Mantra mewakili keluarga besarnya. Lebih lanjut dikatakan peran LPD sangat penting dalam keberlangsungan desa pakraman terhadap suatu kebudayaan.

Hal ini juga tak terlepas dari cerita ayahanda sebelum  wafat dengan keyakinan beliau bahwa LPD itu bisa menjadi sebuah kekuatan ekonomi yang besar bagi umat  serta budaya Bali.  Hal ini tidaklah mudah dan memiliki tantangan yang sangat berat, serta banyak yang harus berpartisipasi dan ikut berperan serta.

Saat ini masyarakat sudah merasakan betul manfaat dari LPD tersebut, yang harus terus dikuatkan dan dikembangkan sebagai ekonomi kerakyatan dengan keuntungannya dapat dinikmati langsung masyarakat.

“Dengan bertambahnya usia LPD Bali yang kini memasuki usia 33 tahun semoga kedepannya bisa lebih kuat serta dikembangkan lagi dan memberikan manfaat sebagai salah satu faktor untuk mengajegkan Bali,” pungkas Rai Mantra.

Sementara Ketua BKS LPD Provinsi Bali, I Nyoman Cendikiawan mengatakan kegiatan ini merupakan acara sarasehan untuk menyambut Hut BKS LPD Provinsi Bali yang ke-33 Tahun.

Hal ini dirangkaikan dengan Hari Puputan Badung serta ajang temu wirasa yang diharapkan semangat perang puputan dapat menjadi motivasi dalam pengembangan LPD kedepan.

Disamping itu penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan untuk lebih menyatukan persepsi sehingga LPD  bisa dijadikan tumpuan dalam mengembangkan perekonomian di Bali. Saat ini LPD di Bali memiliki anggota 1.433 dengan omset Rp 17 Trilliyun lebih, yang harus didukung oleh semua masyarakat Bali.

Lebih lanjut menurut Cendikiawan penghargaan yang diberikan kepada Alm.Prof. Dr. I.B Mantra  memang sudah sepantasnya diterima dan penghargaan untuk mengenang jasa-jasa beliau dalam mendirikan LPD di Bali.(ngurah/humas-dps/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :