Hari Otoda
Wawali Arya Wibawa Pimpin Peringatan Hari Otoda di Kota Denpasar, Dua Penghargaan Nasional Diterima Wali Kota Jaya Negara. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa memimpin Apel Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke-28 Tahun 2024 di Kota Denpasar, Kamis (25/4/2024) yang digelar di Lapangan Lumintang, Denpasar.

Pada perayaan Hari Otoda tahun ini, Pemkot Denpasar mendapatkan dua kado spesial, penghargaan di tingkat Nasional. Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Presiden RI kepada Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara. Dan Penghargaan kepada Kota Denpasar atas Prestasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah atas Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD). Kedua penghargaan tersebut diserahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Muhammad Tito Karnavian dalam Peringatan Hari Otoda Ke-28 Tahun 2024 yang dipusatkan di Balaikota Surabaya.

Baca Juga :  Tinjau Sosialisasi JKN Goes to Banjar di Kelurahan Serangan, Wawali Arya Wibawa Pastikan Warga Ikut Jaminan Kesehatan Nasional

Usai pelaksanaan Apel, Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, selama 28 tahun pelaksanaan otonomi daerah sudah begitu banyak hal positif yang dirasakan masyarakat. Hal ini, mulai dari pembangunan sarana dan prasarana semakin menggeliat sesuai dengan potensi daerah dengan akurasi yang tinggi, serta mengakomodir keinginan masyarakat.

Tak hanya itu, Arya Wibawa menjelaskan, buah positif lain dari otonomi daerah yang dirasakan adalah munculnya pemerintahan yang lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Di mana, peran aktif masyarakat dalam memberikan kontrol sosial juga turut terdorong sehingga tercipta pemerintahan transparan dan akuntabel.

Baca Juga :  Koalisi Indonesia Maju Bali dan Nasdem Jalin Silaturahmi Menyambut Pilkada Bali 2024

“Selain itu banyak muncul inovasi-inovasi yang lahir dari daerah dalam upaya meningkatkan pelayanan guna membangun dan mensejahterakan masyarakat,” ujar Arya Wibawa.

Dari semua hal positif yang telah dirasakan, tentunya masih banyak kerja yang harus terus ditingkatkan. Hal ini mengingat ke depan tuntutan masyarakat terhadap kinerja pemerintah akan terus meningkat dan semakin kompleks. Pertumbuhan Ekonomi juga harus memperhatikan aspek keadilan sosial dan pelestarian lingkungan atau Mewujudkan Ekonomi Hijau.

“Oleh karena itu, kami tidak pernah berhenti mengajak seluruh jajaran di Pemerintah Kota Denpasar terus berusaha maksimal memberikan pelayanan bagi masyarakat dengan spirit Sewakadarma dan Vasudhaiva Kutumbakam guna mewujudkan Denpasar sebagai kota kreatif berbasis budaya menuju Denpasar Maju,” ujarnya, serta mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran di Pemerintah Kota Denpasar yang terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik dan Masyarakat yang telah pro aktif dalam membangun dan merawat Kota Denpasar.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News