Polres Badung Gelar Rekonstruksi Kaburnya Empat Napi WNA dari Lapas

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Melengkapi berkas perkara dan menemukan secara pasti kejelasan proses kaburnya 4 Narapidana Orang Asing dari Lapas Klas II A Denpasar di Kerobokan, Polres Badung menggelar rekonstruksi adegan, Kamis  (13/7/2017).

Kegiatan yang dimulai pagi hari pukul 08.30 wita itu dikawal ketat ratusan personil gabungan bersenjata lengkap dari Polda Bali, Polres Badung dan sat Brimobda Bali.

Dalam reka ulang itu, dihadirkan 2 narapidana yang berhasil di tangkap yaitu Dimitar Nikolev Iliev alias Kermi Bin Alm Nikola Ilev, Pria, berkebangsaan Bulgaria dan ayed Mohammed Said (31), pria, warga Negara India, sedangkan 2 Narapidana yang belum tertangkap Shaun Edward Davidson (33), Pria, warga Negara Australia dan Tee Kok King Bin Tee Kim Sai (50), warga negara Malaysia diperankan oleh peran pengganti dari Polres Badung.

Dalam Rekonstruksi itu, diperlihatkan beberapa adegan dimana cara dan jalur keempat narapidana kabur dari dalam Lapas.

,Rekonstruksi dilakukan di dalam Lapas yang menghadirkan 2 narapidana yang berhasil di tangkap yaitu Dimitar Nikolev Iliev alias Kermi Bin Alm Nikola Ilev, Pria, berkebangsaan Bulgaria dan ayed Mohammed Said (31), pria, warga Negara India, sedangkan 2 Narapidana yang belum tertangkap Shaun Edward Davidson (33), Pria, warga Negara Australia dan Tee Kok King Bin Tee Kim Sai (50), warga negara Malaysia diperankan oleh peran pengganti dari Polres Badung.

Rekonstrusi pertama dilakukan di Wisma Bedugul dengan melakukan 10 adegan mulai dari awal perencanaan keempat Napi tersebut kabur, pengecekan jumlah Narapidana oleh 3 orang petugas Lapas hingga keempat Napi tersebut naik ke dalam Plapon dan turun dibelakang wisma bedugul.

Rekonstruksi dilanjutkan di Belakang Wisma Bedugul dengan adegan keempat Narapidana tersebut turun dari Plapon sevara bergiliran dan berjalan menuju belakang klinik Lapas.

Dari belakang Klinik lapas, reka adegan dilanjutkan dengan 8 adegan mulai dari membuka penutup lobang yang telah dibuat, keempat napi tersebut menguras air yang menggenangi lobang yang tembus ke luar lapas hingga keempat napi tersebut masuk ke dalam lobang menuju keluar Lapas.

Rekonsrtuksi dilanjutkan di luar Lapas dengan memerankan 5 adegan mulai dari keluar lobang hingga berjalan kaki menuju lampu merah jalan Sunset Road dan menunggu Taxi.

Adegan berikutnya dari setelah mendapatkan Taxi di jalan Sunset Road kemudian diantarkan menuju Bandara Ngurah rai.

Setibanya di Bandara Ngurah rai, dilanjutkan dengan 11 adegan hingga berangkat menggunakan pesawat Lion Air.

Dalam Rekonstruksi itu dipimpin oleh WadirKrimsus Polda Bali AKBP Ruddi Setiawan,SH,S.I.K yang didampingi Wakapolres Badung Kompol Supriadi Rahman,S.I.K, Kabag Ops Polres Badung serta Kasat Reskrim Polres Badung.

“Reka adegan ini dilakukan untuk lebih memperjelas bagaimana cara kaburnya keempat Narapidana orang asing tersebut serta melengkapi berkas perkara” Kata WadirKrimsus Polda Bali AKBP Ruddi Setiawan,SH,S.I.K. (guz/humas-polresbadung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :