Makepung
Sirkuit All In One Jembrana Gelar Mekepung Kapolda Cup 2024. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Sebanyak 230 pasang kerbau yang dibagi menjadi regu barat (ijo gading barat) dan regu timur (ijo gading timur) mengikuti ajang perlombaan Mekepung Kapolda Cup 2024 di Sirkuit All In One, Desa Pengambengan, Minggu (16/6/2024).

Dibuka langsung oleh Kapolda Bali, Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra didampingi Bupati Jembrana, I Nengah Tamba beserta Kapolres Jembrana, AKBP Endang Tri Purwanto kegiatan tersebut berhasil menyedot ratusan pecinta mekepung.

Dalam sambutanya, Kapolda Bali, Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra menyampaikan dalam rangka memperingati hari bhayangkara ke-78 tahun 2024 ini Polri khususnya Polda Bali dan jajaran menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk memeriahkan peringatan hari bhayangkara salah satunya Mekepung Kapolda Cup 2024.

“Selain momentum peringatan Hari Bhayangkara ke-78, pelaksanaan makepung Kapolda Cup 2024 ini juga sebagai bentuk kecintaan saya sebagai putra daerah Jembrana terhadap budaya yang satu-satunya ada di Kabupaten Jembrana ini,” ungkapnya.

Baca Juga :  Wujud Syukur Lancarnya Karya Melaspas dan Ngenteg Linggih, Upacara Rsi Bojana Digelar di Pura Majapahit

Lebih lanjut orang nomor satu di jajaran Polda Bali tersebut mengatakan tradisi mekepung atau lomba pacu kerbau khas Jembrana ini merupakan tradisi turun-temurun yang dilaksanakan masyarakat Jembrana.

Mekepung juga telah menjadi suatu destinasi atau spot wisatawan domistik maupun mancanegara dan menjadi andalan Jembrana.

“Saya minta lomba mekepung ini dilaksanakan dengan penuh semangat dan tetap menjunjung tinggi nilai nilai sportivitas. Kedepannya saya mohon kepada Bapak Bupati Jembrana, Ketua Komunitas Mekepung dan seluruh masyarakat Jembrana untuk senantiasa menjaga dan merawat tradisi mekepung berikut sarana dan prasarana yang ada saat ini,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba menyatakan apresiasi atas terselenggaranya event mekepung untuk memperebutkan piala Kapolda Bali ini. Menurut Bupati Tamba dengan pelaksanaan event ini akan menambah semangat serta gairah sekaa mekepung dalam pelestarian seni budaya asli Jembrana ini.

“Sesuai apa yang disampaikan Bapak Kapolda Bali, kita sepakat akan mengagendakan mekepung Kapolda Cup ini sebagai agenda tahunan di Kabupaten Jembrana. Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai ajang untuk mempererat tali persaudaran dan persatuan diantara kita,” ucapnya.

Baca Juga :  Bupati Tamba Pastikan Kesehatan Hewan Kurban Jelang Idul Adha

Sejalan dengan itu, Koordinator Makepung, I Made Mara turut mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya Makepung Kapolda Cup serangkaian dengan peringatan Hari Bhayangkara ke-78 ini.

“Kami sangat berharap di tahun-tahun berikutnya juga dalam momentum yang sama agar Mekepung Kapolda Cup tetap diselenggarakan bahkan dengan gaung yang lebih besar lagi,” tandasnya.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News