Sanur
Dishub Denpasar Mulai Uji Coba Kebijakan Arus Lalu Lintas di Kawasan Sanur. Sumber Foto : Istiemwa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Perhubungan (Dishub) bersama tim gabungan TNI/Polri, desa adat, desa dinas yang tergabung dalam Forum Lalu Lintas mulai melakukan uji coba arus lalu lintas di kawasan Pariwisata Sanur, Denpasar, Kamis (6/6/2024). Hal ini sebagai upaya antisipasi kepadatan lalu lintas guna mewujudkan pariwisata yang nyaman di kawasan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Denpasar, I Ketut Sariawan, menjelaskan bahwa beberapa kebijakan baru akan diterapkan guna mengurasi kepadatan lalu lintas. Dimana, hal ini bukan semata-mata terkait dengan beroperasinya Mall Icon Bali. Melainkan merupakan usulan masyarakat dan sebagai bentuk antisipasi kepadatan lalu lintas untuk mewujudkan kenyamanan di kawasan Pariwisata Sanur secara menyeluruh. Hal ini tak lepas dari adanya berbagai pembangunan di Kawasan Pantai Sanur, yakni adanya Pelabuhan Sanur, RS Internasional, rencana Magnum dan Beach Club serta Icon Mall yang direncananya beroperasi pada 7 Juni 2024.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Apresiasi Persiapan Duta Pawai PKB Denpasar, Usung Tema Cokorda Mantuk Ring Rana dan Libatkan 500 Talenta Muda

Dikatakannya, beberapa kebijakan telah diputuskan berdasarkan kajian, diantaranya yakni U-Turn mulai dari Simpang Jalan Hang Tuah sampai Simpang Waribang seluruhnya ditutup. Sehingga seluruh kendaraan memutar balik di Traffic Light Waribang. Selanjutnya penerapan sistem satu arah di Jalan Danau Toba, Jalan Danau Tamblingan hingga Jalan Danau Poso. Selain itu, pemantauan sistem ATCS akan lebih ditingkatkan terutama Simpang Waribang dan Simpang Hang Tuah Bali Beach.

Dikatakannya, saat ini uji coba pemberlakuan lalin satu arah sudah berlangsung sekaligus dilakukan sosialisasi kepada masyarakat dan pengguna jalan. Proses uji coba dan sosialisasi tersebut akan berlangsung hingga pekan depan.

Baca Juga :  DPRD Provinsi Bali Gelar Rapat Paripurna ke-10 Bahas Dua Ranperda Penting

Jika berjalan lancar, lanjut Sriawan, pemberlakuan arus lalin satu arah di Jalan Danau Toba menuju Jalan Danau Tamblingan hingga Jalan Danau Poso, Sanur, Denpasar Selatan tersebut akan segera dibuatkan rambu-rambu lalu lintas secara permanen.

Sanur
Pengalihan Arus Lalu Lintas di Sanur. Sumber Foto : Istimewa

“Ujung arus satu arah berada di simpang Danau Tamblingan dan Danau Poso. Jalan Danau Poso masih akan diberlakukan dua arah. Sekarang baru uji coba dimulai sambil sosialisasi kepada masyarakat dan pengguna jalan,” ucap Sriawan.

Pihaknya mengatakan, jalan satu arah ini diberlakukan untuk kenyamanan dan keamanan masyarakat dan pengguna jalan. Sebab, jika tidak dilakukan satu arah kekroditan dipastikan akan terjadi, terlebih beberapa pembangunan akan mulai diresmikan.

“Kita antisipasi itu (krodit). Apalagi, kawasan Sanur merupakan kawasan wisata paling besar di Kota Denpasar. Kami akan terus pantau sampai penerapannya benar-benar berjalan dengan baik, sehingga Sanur sebagai ikon Pariwisata Denpasar benar-benar nyaman,” ujar Sriawan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News