PKB
Melalui Jantra Tradisi Bali III, Ajak Generasi Muda Aktif Melestarikan Tradisi Asli Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Di tengah gempuran pesatnya perkembangan teknologi, permainan tradisional kian dilupakan utamanya oleh generasi muda (milenial). Untuk itu, Pemerintah Provinsi Bali bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Bali melaksanakan kegiatan Jantra Tradisi Bali III Tahun 2023 dalam rangkaian Pesta Kesenian Bali Tahun 2023.

Dalam hal ini, Pemkab Buleleng menampilkan Murtirupa (Demonstrasi) Megoak-goakan yang diwakili Komunitas Bali Goak Panji Sakti serta ikut serta dalam Pacentokan (Lomba) Megala-gala yang diwakili siswi SMPN 1 Sawan bertempat di Lapangan Timur Monumen Perjuangan Rakyat Bali (MPRB) Bajra Sandhi Renon, Sabtu (1/7/2023).

Baca Juga :  Pj Bupati Lihadnyana Inginkan Job Fair Buleleng Nyata Kurangi Pengangguran

Ditemui usai kegiatan, Ida Bagus Alit Suryana selaku Kepala Bidang Praktisi dan Warisan Dinas Kebudayaan Provinsi Bali mengatakan kegiatan Jantra ini terdiri antara lomba dan demonstrasi dari tradisi yang berkembang di Bali.

Demonstrasi sendiri dipilih Megoak-goakan yang berasal dari Kabupaten Buleleng karena merupakan salah satu Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) sekaligus menjadi ajang pelestarian dan mengenalkan kepada seluruh masyarakat kekayaan tradisi dari Gumi Panji Sakti tersebut.

“Jadi walaupun tradisi Megoak-goakan ini berasal dari Buleleng tapi harapannya dengan demonstrasi hari ini dapat dikenal bukan hanya seluruh Bali melainkan seluruh Indonesia bahkan Dunia,”jelasnya.

Kemudian untuk Lomba Megala-gala yang mengikutsertakan perwakilan dari 9 Kabupaten/Kota Se-Bali ini, diharapkan dapat meningkatkan rasa gotong royong, rasa persatuan dan menumbuhkan tanggung jawab pada masing-masing peserta .

Baca Juga :  Setubuhi Adik Kandung, Pelaku Ancam Mau Bunuh Korban

Lomba Megala-gala ini dipilih dalam Jantra juga sekaligus untuk mempersiapkan generasi yang memiliki kemampuan dalam permainan tradisional ini untuk mewakili Provinsi Bali dalam mengikuti Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) mendatang.

“Untuk info kriteria PKN ini belum diterima dari pusat, namun kita antisipasi dan sudah mempersiapkan bibit yang berpotensi dari sekarang dalam ajang PKB ini,” tegasnya.

Di akhir, pihaknya berharap kepada generasi muda di tengah gempuran perkembangan teknologi yang mau tidak mau tetap diikuti, agar juga mengikuti langkah pelestarian budaya yang diselenggarakan pemerintah dari tingkat kabupaten maupun provinsi melalui permainan tradisional sehingga tradisi tidak punah sekaligus dapat meningkatkan rasa gotong royong pada generasi muda.

Baca Juga :  2 Tujuan 1 Aksi, PLN Gelar Donor Darah Rutin di 3 Lokasi

Untuk diketahui, pada Lomba Megala-gala perwakilan dari Kabupaten Buleleng meraih Juara 3, sementara itu Juara 1 dan 2 diraih oleh Kabupaten Badung dan Karangasem.(sri/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News