Peneliti UGM
Mahasiswa UGM Teliti Potensi Daun Blimbing Wuluh Sebagai Disinfektan Antikorosif. Sumber Foto : Istimewa

“Kandungan tanin dalam daun blimbing wuluh juga berguna sebagai zat antikorosi,” terangnya.

Mereka lalu mengolah daun blimbing wuluh menjadi ekstrak melalui prpses maerasi. Awalnya, daun blimbing wuluh dikeringkan menggunakan oven kemudian dihancurkan hingga menjadi bubuk. Setelah itu dilakukan pengayakan pada bubuk daun kemudian bubuk direndam dalam larutan etanol selama 3×24 jam. Selanjutnya bubuk yang sudah bercampur etanol diperas dan perasannya dimasukkan ke dalam vacuum evaporator lalu diuapkan supaya tersisa ekstrak daun blimbing wuluh 100%.

Berikutnya, ekstrak daun blimbing 100% diencerkan menggunakan larutan saline. Lalu, larutan ekstrak daun blimbing wuluh digunakan untuk merendam tissue wipes selama satu jam di dalam lemari pendingin. Kemudian, tissue wipes sudah siap digunakan.

Dari penelitian yang dilakukan lima mahasiswa ini diketahui perasan dari tissue wipes yang telah direndam ekstrak daun blimbing wuluh terbukti mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan Staphylococcus epidermidis. Selain itu, kawat ortodonti lepasan yang telah diusap sebanyak dua kali menggunakan tissue wipes yang telah direndam ekstrak daun blimbing wuluh juga terbukti mampu menghambat korosi.

Baca Juga :  Pelajaran dari Kisah IRT Tertipu Part Time Abal-abal hingga Uang Rp131 Juta Ludes

“Dalam penelitian kami juga terbukti bahwa semakin tinggi konsentrasi ekstrak yang digunakan, semakin efektif pula dalam menghambat pertumbuhan bakteri dan mencegah korosi,”imbuh Aulia.

Aulia menyampaikan disinfektan dari ekstrak daun blimbing wuluh ini tal hanya terbukti ampuh membunuh bakteri dan tidak menyebabkan korosi. Namun, disinfektan tersebut juga mudah dibuat, ekonomis, serta ramah lingkungan.

Mereka berharap penelitan yang telah dilakukan bisa menjadi dasar dalam pengujian klinis untuk disinfektan antikorosif alami berbahan ekstrak daun blimbing wuluh. Dengan begitu dapat menghadirkan alternatif disinfektan yang aman, antikorosif, dan ramah lingkungan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News