Tutup usia
Guru Besar UGM Prof. Suryo Guritno Tutup Usia. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Guru Besar UGM, Prof. Drs. Suryo Guritno, M.Stats., Ph.D., tutup usia pada Senin, 12 Februari 2023. Pakar matematika dan statistika dari Fakultas MIPA UGM ini meninggal dunia pada usia 76 tahun.

Sebelum dimakamkam di pemakaman UGM Sawitsari, jenazah almarhum disemayamkan terlebih dahulu di Balairung UGM untuk mendapatkan penghormatan terakhir dari keluarga besar UGM.

Suryo Guritno lahir di Yogyakarta pada 8 Juni 1947. Ia merupakan guru besar Matematika dalam bidang statistika  yang memperoleh gelar sarjana dari FMIPA UGM pada tahun 1972. Selanjutnya gelar magister diraih dari University of New South Wales di tahun 1981 dan gelar doktor dari The University of Connectivut pada tahun 1987.

Selama mengabdi di UGM, ia pernah mengemban sejumlah jabatan struktural antara lain Sekretaris Jurusan Matematika FMIPA (1987-1979), Pembantu Dekan I FMIPA (1988-1991), Dekan FMIPA (1991-1997), Kepala Laboratorium Statistika FMIPA (2003-2006), dan Ketua Dewan Guru Besar UGM (2007-2010).

Baca Juga :  Atasi Blind Spot di Jalan Raya, Puluhan Siswa Dapatkan Edukasi #Cari_Aman

Ketua Dewan Guru Besar UGM, Prof. Dr. Ir. Mochammad Maksum, M.Sc., mewakili keluarga besar UGM menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya Prof. Suryo Gurtino. Almarhum merupakan merupakan sosok matematikawan yang mendalami statistika. Menyampaikan pidato pengukuhan guru besar pada tanggal 21 Februari 1998 dengan judul Matematika dalam Statistika: Peran dan Tantangannya. Berbagai karya penelitian dan publikasi beliau berhasil menambah khasanah ilmu pengetahuan di bidang matematika maupun analisis statistik.

“Beliau meyakini bahwa ‘Tidak ada statistik yang tanpa salah’. Itulah yang mendorong beliau untuk terus menekuni kajian penelitian statistika secara mendalam,” tuturnya.

Baca Juga :  Pemkab Buleleng Kembali Laksanakan Lomba Napak Tilas Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

Ketekunan Suryo Gurtino dalam karya juga membuahkan beberapa penghargaan. Beberapa diantaranya adalah penghargaan dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut RI, maupun Honor Society of Phi Kappa Phi, Connecticut Chapter USA.

“Jejak karya yang beliau dedikasikan bagi UGM tentu akan selalu abadi untuk kita kenang. Terima kasih kepada Almarhum Prof. Suryo yang telah menjadi sosok guru dan teladan bagi sivitas UGM. Segenap amalan ilmu dan karya beliau, Insya Allah menjadi pembuka jalan ibadah bagi pengembangan ilmu pengetahuan masa depan,” paparnya.(ugm.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News