wamen
Wamenkominfo Sebut Keterampilan Digital Jadi Modal Esensial Bagi Generasi Muda. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Wamenkominfo, Nezar Patria memberikan pembekalan pada calon wisudawan program pascasarjana periode II tahun akademik 2023/2024, Selasa (23/1/2024) di GSP UGM.

Dalam kesempatan itu ia menyampaikan urgensi literasi digital dan kecakapan digital yang perlu dikuasai oleh mahasiswa maupun calon pekerja di era digitali saat ini. Keterampilan digital dasar wajib dimiliki bagi generasi saat ini agar bisa memenangkan kompetisi dalam dunia kerja.

“Keterampilan digital ini jadi  kemampuan esensial yang harus dimiliki,” tuturnya.

Ia menyampaikan data ADB&Linkedin, 2022 mencatat sebagian besar perusahaan menerima kandidat pegawai yang memiliki kecakapan digital dasar dalam satu tahun terakhir. Tak hanya itu, perusahaan pun mewajibkan karyawan baru untuk memiliki kecakapan digital tingkat lanjut.

Baca Juga :  APBD Induk Tahun 2024, Pemkot Denpasar Prioritaskan Pembangunan Gedung di 11 Sekolah

“Kecakapan digital ini juga menjadi 8 dari 10 hard skills yang paling dibutuhkan di tahun 2023,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan perkembangan arus digital yang begitu kuat berdampak pada perubahan lanksap pekerjaan di masa depan. Dalam lima tahun mendatang diproyeksikan ada sebanyak 83 juta pekerjaan yang akan hilang. Namun di sisi lain digitalisasi akan memunculkan beragam pekerjaan baru. Ada 69 juta pekerjaan yang diproyeksikan akan tercipta.

Merespon disrupsi teknologi digital, Nezar mengatakan Kominfo membuat program pengembangan SDM digital. Salah satunya dengan menyiapkan program pelatihan SDM digital dari tingkat dasar, menengah, dan lanjut.

“Banyak dukungan yang disediakan Kominfo bagi generasi muda yang ingin maju di dunia digital,” terangnya.

Kominfo memiliki tiga program pengembanagn SDM digital. Pertama gerakan nasional literasi digital untuk memperkuat kecakapan digital dasar atau literasi digital dalam mengoptimalkan potensi ruang digital yang positif dan produktif. Kedua, digital talent scholarship yang merupakan program pelatihan terkait cyber security, AI, cloud computing, big data analiytics, serta digital marketing untuk penguatan kecakapan digital tingkat menengah. Terakhir, digital leadership academy berupa pelatihan kecakapan digital di tingkat C-level, pimpinan, dan pengambil kebijakan dari sektor privat maupun publik.

Baca Juga :  Bunda PAUD Kembali Bagikan PMT dan APE Bagi Siswa dan Anak PAUD di TK Negeri Kerambitan

“Untuk program formal Kominfo menyediakan beasiswa S2 dalam dan luar negeri untuk memenuhi kebutuhan SDM di bidang digital di Indonesia,” jelasnya.(ugm.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News