Lebah
I Wayan Gede Adriana atau yang lebih akrab dikenal Sahabat Lebah. Sumber Foto : Istimewa

Dari kegagalan itu, Wayan Adriana pun akhirnya mulai melirik lebah Apis Cerana untuk dikembangkan. Menurutnya mengembangkan lebah Apis Cerana lebih mudah ketimbang mengembangkan lebah Trigona, hanya saja orang lebih takut sengatannya. Uniknya, pria yang berasal dari Selat Duda Karangasem ini mengembangkan lebah Apis Cerana (Nyawan) bukan untuk memproduksi madunya melainkan melakukan pembibitan dengan membudidayakan ratu lebah.

Dengan membudidayakan ratu lebah, secara ekonomi ia dapat peluang menjual koloni lebah, kemudian penguatan ekosistem lebah, dan membentuk beekiper atau peternak lebah yang lain.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Buka Lomba Mancing Air Deras di Aliran Bendungan Tukad Mati, Banjar Umadui

”Bagi saya, madu itu adalah hasil kecil dari budidaya lebah, ada hasil yang lebih besar seperti penyelamatan ekosistem lebah, menyelamatkan lebah berarti menyelamatkan manusia,” bebernya.

Dalam mengembangkan ratu lebah hal penting yang harus diketahui adalah waktu musim bunga. Sebelum musim bunga, ratu lebah harus dipersiapkan. Untuk mencari ratu lebah, peternak harus tahu mana lebah betina dan lebah jantan. Setelah mengetahui lebah betina maka cari tahu larva yang umurnya kurang dari tiga hari. Hanya larva yang berusia kurang dari tiga bisa dibuat menjadi ratu lebah.

Baca Juga :  Tingkatkan SDM Pelaku UMKM Kuliner, Pemkot Denpasar Gelar Pelatihan dan Pendampingan Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif

“Ratu lebah nanti yang tugasnya meregenerasi karena hanya ratu lebah yang bisa bertelur, sedangkan lebah pekerja dan lebah jantan tidak bisa,” ungakapnya.

Menekuni dunia perlebahan sejak tahun 2014, kini Wayan Adriana telah banyak mengedukasi masyarakat ke berbagai desa. Hanya saja ia masih merasa gagal karena belum mampu mencetak peternak lebah.

“Malah yang lebih tertarik untuk membudidayakan adalah ekspatriat karena mereka lebih fokus pada penyelamatan ekologi,” tandasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News