BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Sabtu (23/6/2018) menghadiri pelantikan Pengurus IDI Cabang Badung di Ruang Pertemuan Kerta Gosana Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung. Ketua IDI Cabang Badung  yang terpilih pada pertemuan ini adalah  I Nyoman Dr. I Nyoman Gunarta M.kes.

Hadir dalam acara pelantikan tersebut antara lain Ketua IDI Wilayah Bali I Gede Putra Suteja yang juga merupakan Kadis Kesehatan Kabupaten Badung, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr,. Nyoman Gunarta, BPJS, Pimpinan Rumah Sakit Swasta se Badung, petugas Puskesmas se Badung,Para Perawat se Kabupaten Badung, Pimpinan RSUD Mangusada Badung, para mahasiswa dan pelajar kesehatan se Badung.

Ketua IDI Wilayah Bali I Gede Putra Suteja dalam sambutanya mengatakan  pengurus IDI Cabang Bali yang baru dilantik harus terus meningkakan  kualitas pelayanan dalam menjalankan tugas dan profesi sebagai dokter. Ia juga menegaskan bahwa yang paling penting ialah jaga etika dan disiplin, agar tidak terjadi pelanggaran. “ Saya minta kepada pengurus baru IDI Cabang Badung agar segera mendata semua para anggota dan diberikan pembinaan agar dapat meningkatkan  kualitas pelayanan di Badung sehingga bisa mewujudkan ‘menyehatkan masyarakat Bali dari Badung’’ tegasnya.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi atas diselenggakannya Pelantikan Pengurus IDI Cabang Badung. “Dokter di Badung agar  terus meningkakan kualitas pelayanan dalam menjalankan tugas dan profesi sebagai dokter. Jika masyarakat di Badung semua sehat tentu pembangunan di Badung dapat berjalan yang ujungnya akan berimbas pada kesejahteraan masyarakat Badung. Masyarakat Badung sehat tentu akan dapat memberikan sumbangsih buat Bali, Indonesia bahkan dunia,” ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati Giri Prasta menjelaskan untuk kedepannya semua Puskesmas di Badung yang beroperasi 24 Jam di Badung akan difasilitasi dengan jaringan internet gratis. Serta Kartu Badung Sehat (KBS) akan diberikan chip sehinga  semua data pasien berada dalam kartu tersebut. “ Ini bertujuan agar para perawat atau dokter tidak lagi menanyakan kepada warga Badung  yang berobat tentang tentang riwayat penyakit sehingga dapat meminimalkan lamanya waktu pemeriksaan,” jelasnya.

Diakhir sambutannya, Bupati asal Plaga ini memberikan bantuan sebesar Rp.30 juta yang diambil dari uang pribadinya untuk disumbangkan kepada IDI Cabang Badung. Serta memberikan hadian sebesar Rp.10 juta kepada salah satu Bidan yang mendapat juara 1 Bidan Praktik Nasional.

Sementara itu ketua panitia acara pelantikan, dr.I Nyoman Suastika mengatakan, bahwa jumlah anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Badung berjumlah 237 orang. “Latar belakang pelantikan IDI Cabang Badung ini karena jabatan ketua IDI Cabang Badung selama ini mengalami kekosongan karena  Ketua IDI Cabang Badung yaitu Gede Putra Suteja terrpilih menjadi Ketua IDI wilayah Bali. Atas kekosongan jabatan itu maka, pada tanggal 7 April 2018 lalu kami mengadakan musyawarah cabang, untuk memilih ketua dan pengurus yang baru,’’ papar Suastika. (humas-badung/bpn)