Olahraga Dongkrak Industri Pariwisata 

33

BALIPORTANEWS.COM – Kegiatan olahraga mampu mendorong industri pariwisata di Indonesia.

“Kegiatan olahraga bisa meningkatkan minat orang untuk berwisata,” kata Dr. Retaningtyas Susanti dalam dikusi Pariwisata Olahraga di Indonesia di Pusat Studi Pariwisata (puspar) UGM, Kamis (26/4/2018).

Retnaningtyas menyebutkan sport tourism memberikan kontribusi yang cukup besar dalam menumbuhkembangkan industri pariwisata Indonesia. Penyelenggaraan kegiatan olahraga akan menarik para pendukung maupun penonton untuk menyaksikan kompetisi.

Dalam waktu dekat Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games. Kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebagai peluang kepariwisataan di Jakarta, Palembang dan sekitarnya.

“Event olahraga akan berkontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap perekonomian tuan rumah, masyarakat, dan pariwisata lokal,” jelas Dosen Universitas Andalas ini.

Alumnus  FIB UGM ini mencontohkan penyelenggaraan kompetisi surfing di Bali dan Mentawai, Tour de Singkarak, Tour de Banyuwangi merupakan bentuk kegiatan olahraga yang juga ditujukan untuk mempromosikan wisata daerah. Berbagai kegiatan olahraga tersebut mampu menarik jumlah wisatawan dan mengembangkan industri pariwisata.

“Penyelenggaraan kegiatan olahraga juga dapat menjadi trigger dalam pengembangan infrastruktur kepariwisataan,” jelasnya.

Hasil penelitiannya pada sport tourism dalam kegiatan Tour de Singkarak menunjukkan bahwa penyelenggaraan kegiatan olahraga ini memberikan hasil positif terhadap infrastruktur kepariwisataan di wilayah tersebut. Kegiatan tersebut mampu menjadi pemicu  pengembangan infrastuktur pariwisata berupa jalan, moda transportasi, akomodasi, serta fasilitas publik.

“Event olahraga mempercepat proses pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur.

Oleh sebab itu, pemanfaatan kegiatan olahraga dapat dipertimbangkan sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan kepariwisataan di masa mendatang,” pungkasnya. (ika/humas-ugm/bpn)