BALIPORTALNEWS.COM, JATINANGOR Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan PT. Unilever Indonesia, Tbk., melalui merek Pepsodent kembali menyelenggarakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional Tahun 2017. Acara yang telah menginjak usia ke-7 ini akan digelar pada 25 – 27 September 2017 di Rumah Sakit Gigi dan Mulut FKG Unpad, Jalan Sekeloa Selatan No. 1, Bandung.

Acara yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini merupakan bentuk pengabdian pada masyarakat dari FKG Unpad dan Unilever. Kegiatan ini berupaya untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut serta meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai tindakan pencegahan penyakit gigi dan mulut.

Kesehatan gigi dan mulut masih menjadi salah satu aspek yang kurang diperhatikan oleh masyarakat. Berdasarkan data Riskesdas tahun 2013, kemampuan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut baru sebesar 8,1%. Tidak mengherankan jika kita melihat data penyakit gigi dan mulut yang dilaporkan menimpa 25,9% masyarakat.

Hal ini diperparah dengan perilaku menyikat gigi di waktu yang tepat dan dengan cara yang tepat hanya dilakukan oleh sekitar 2,3% masyarakat. Padahal banyak masalah kesehatan gigi dan mulut yang dapat dicegah dengan cara menyikat gigi yang baik dan kunjungan rutin 6 bulan sekali ke dokter gigi.

Untuk itu, melalui acara BKGN 2017, akan diberikan layanan berupa pemeriksaan dan pengobatan gigi gratis kepada masyarakat. Selama tiga hari pelaksanaan, BKGN menggelar perawatan gratis untuk 1.000 pasien, dengan waktu pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Tindakan perawatan gigi gratis yang diberikan meliputi perawatan penambalan gigi, pembersihan karang gigi, serta pencabutan gigi untuk anak-anak maupun orang dewasa. (humas-unpad/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :