Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Kepala Dinas Sosial Tabanan I Nyoman Gede Gunawan mengunjungi warga yang rumahnya ambruk diterjang angin kencang, di Banjar Delod Uma, Desa Buwit, Kecamatan Kediri, Kamis (2/2/2017). “Dari monitoring ini yang akan kami jadikan acuan selanjutnya. Apakah rumah tersebut akan diperbaiki melalui program bedah rumah ataukah hanya rehab dengan anggaran dari Kemensos,” ujarnya.

Gunawan mengatakan, dari monitoring ke lokasi kejadian di rumah milik I Wayan Sunarta (42) itu, sekaligus untuk mengetahui sejauh mana kerusakan yang terjadi akibat bencana alam itu. Pascamusibah tersebut, Camat Kediri juga telah berkoordinasi dengan dinas sosial, guna percepatan bantuan. Dia menyarankan agar bantuan dari pemerintah daerah melalui anggaran penanggulangan bencana di BPBD.

Baca Juga :  Pemkab Tabanan Gelar Sosialisasi Pembinaan KASN Melalui UU Nomor 20 Tahun 2023

“Jika melalui program bedah rumah ataupun program rehab, itu memerlukan proses. Di samping itu juga harus ada kelayakan,” tukasnya, seraya menyebut jika memang layak dalam program dinas sosial, maka rumah milik Sunarta itu bisa masuk dalam skala prioritas.

Rumah berukuran 5 meter X 6 meter milik Sunarta itu rusak karena diterjang angin kencang, Rabu (1/2/2017). Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian materian yang timbul hingga puluhan juta rupiah. Keluarga Sunarta termasuk RTM (Rumah Tangga Miskin) dan tidak mempunyai tempat tinggal lain, sehingga tim BPBD Tabanan membantu membuatkan tenda darurat di sekitar lokasi tersebut.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Hadiri dan Buka Pelaksanaan Dharma Santi Perayaan Nyepi Saka 1946 Kabupaten Tabanan 2024

Bukan hanya bagian atap yang rusak, tapi hujan deras dan angin kencang yang melanda juga mengakibatkan tembok di belakang rumahnya ambruk. “Rumah saya memang bangunan sudah lama,” ujar Sunarta. (ita/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News