BALIPORTALNEWS.COM – Kegiatan edukasi keselamatan berkendara memang rutin diadakan tim safety riding Astra Motor Bali, dengan mengunjungi sekolah, pusat keramaian, serta para komunitas Honda dengan tujuan untuk pembekalan kepada masyarakat tentang pentingnya keselataman berkendara di jalan raya.

Selama Januari 2017 lalu, kegiatan dimulai dengan edukasi kepada komunitas Honda CBR Club Indonesia Bali Dewata (CCI),  15 Januari, berupa teknik riding yang aman di jalan raya. Di mana dalam teknik tersebut, diajarkan kepada pengendara wajib menganalisa tiap kondisi jalanan saat berkendara di jalan macet, tikungan dan perempatan dengan menganalisa terlebih dahulu untuk memprediksi bahaya, serta  cepat mengambil keputusan yang tepat. Acara dilaksanakan di Gedung Astra Cokroaminoto, bersamaan dengan  Musyawarah Besar CCI ke-1 yang diikuti 35 orang anggota aktif. Acara semakin seru dengan games tentang pengetahuan safety riding dengan hadiah helm SNI.

Tidak hanya memberikan edukasi, tim safety riding Astra Motor turut memeriahkan perayaan HUT ke-40 Seka Teruna-Teruni Blangsinga, di Blahbatuh, Gianyar, 24 Januari lalu, dengan memberikan simulasi dan memperkenalkan cara memprediksi bahaya saat berkendara melalui “Honda Riding Trainer”  yang diikuti 50 peserta yang notabene nya pemuda pemudi yang gemar dengan berkendara motor Honda.

Baca Juga :  Penglingsir Puri Ageng Mengwi Tandatangani Prasasti Pura Panti Pasemetonan Batu Banjar Mambang Gede

Tim Safety Riding pun menyasar pusat keramaian ke pasar induk Gianyar, 27 Januari, dengan memberi edukasi tentang pentingnya penggunaan riding gear, seperti helm standar SNI, jaket, sepatu, dan sarung  tangan kepada para pedagang dan pengunjung pasar yang antusias mengunjungi  booth Honda.

Masih dalam agenda road show goes to school, kali ini tim Astra Motor menyambangi  SMK 1 Sukawati yang berulangtahun emas ke-50, 27 Januari, dengan memberikan kegiatan yang berguna yakni penyuluhan safety riding tentang pentingnya mempersiapkan diri, kendaraan, serta cara memprediksi bahaya yang akan muncul saat berkendara. Setelah itu dilanjutkan dengan kunjungan ke SMK PGRI 2 Mengwi, 30 Januari, yang merupakan   agenda  tahunan,  dengan memberikan  sosialisasi kepada siswa dengan mengambil topik saat berkendara pentingnya menggunakan helm untuk melindungi kepala.

Sebagai penutup, 31 Januari, tim Safety riding mendatangi SD Negeri 1 Legian, dengan memberikan edukasi bagaimana cara menyeberang dengan aman dengan metode 4T (tunggu sejenak, tengok kanan, tengok kiri, tengok kanan lagi). “Ketertiban dan kesadaran berlalulintas dimulai dari diri sendiri, untuk itu kami harapkan rangkaian kegiatan ini merupakan awal pembentukan kedisiplinan diri terhadap pentingnya keselamatan dalam berkendara,’’ kata Safety Riding instruktur Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi. (ngr/bpn)