Serangkaian Bulan Bung Karno
Puluhan Peserta Ikuti Berbagai Lomba Serangkaian Bulan Bung Karno di Kelurahan Penatih. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Puluhan peserta yang merupakan siswa TK, SD, dan SMP di wilayah Kelurahan Penatih mengikuti berbagai lomba yang digelar serangkaian Bulan Bung Karno di halaman Kantor Lurah Penatih, pada Senin (3/6/2024). Beragam lomba tersebut yakni lomba lagu Bung Karno, menggambar, dan mewarnai sosok Bung Karno.

Lurah Penatih, I Wayan Murda, menyatakan, bahwa lomba lagu Bung Karno diikuti oleh siswa SD, sedangkan lomba lagu perjuangan diikuti oleh siswa SD dan SMP. Lomba menggambar wajah Bung Karno diikuti oleh peserta dari SMP Widya Sakti Denpasar, sementara lomba mewarnai gambar Bung Karno diikuti oleh anak-anak TK se-Kelurahan Penatih.

Baca Juga :  Wujudkan Peningkatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Wali Kota Jaya Negara Tinjau Safari Kesehatan di Banjar Dajan Tangluk Kesiman

Dikatakannya, dalam lomba ini peserta diminta untuk menggambar dan mewarnai pahlawan nasional Ir. Soekarno. Menurut I Wayan Murda, lomba ini tidak hanya untuk memeriahkan Bulan Bung Karno tetapi juga sebagai media untuk menanamkan rasa bangga dan hormat kepada pahlawan atas jasa-jasanya kepada bangsa dan negara.

“Lomba ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mewariskan semangat juang para pahlawan kepada generasi penerus. Dengan mengenal para pahlawan, diharapkan akan tumbuh rasa mencintai dan menghargai jasa mereka, yang pada akhirnya menumbuhkan dan memupuk rasa nasionalisme dalam jiwa anak-anak,” jelas I Wayan Murda.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Dukung Gelaran Rare Bali Festival 2024, Gaungkan Lagi Peran Permainan Tradisonal Bagi Pendidikan Karakter Anak

Beliau menambahkan, bahwa peringatan Bulan Bung Karno rutin diadakan setiap tahun dengan berbagai jenis lomba. Untuk tahun ini, lomba menggambar dan mewarnai memperebutkan Juara 1, 2, dan 3.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan anak-anak dapat lebih mengenal sejarah perjuangan bangsa dan meneladani semangat juang para pahlawan nasional, khususnya Bung Karno,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News