Safari Kesehatan
Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara saat meninjau pelaksanaan Safari Kesehatan yang digelar Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kesehatan di Banjar Dajan Tangluk, Kelurahan Kesiman, Kecamatan Dentim, pada Rabu (12/6/2024). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kesehatan kembali menggelar kegiatan Safari Kesehatan dengan menyasar banjar-banjar di seluruh wilayah Kota Denpasar. Pelaksanaan Safari Kesehatan yang kali ini menyasar masyarakat di wilayah Kelurahan Kesiman, khususnya Banjar Dajan Tangluk ini di tinjau langsung Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara di Bale Banjar setempat pada Rabu (12/6/2024). Tidak sekadar meninjau, dalam Safari Kesehatan tersebut Wali Kota Jaya Negara juga ikut mengecek gula darah serta menyerahkan secara simbolis paket sembako kepada balita yang terindikasi stunting.

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara disela peninjauan mengatakan, upaya ini terus digencarkan Pemkot Denpasar guna meningkatkan kualitas dan derajat kesehatan masyarakat. Selain itu pelaksanaan ini juga sebagai sarana bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan sebagai wadah edukasi untuk menjaga pola hidup sehat bagi masyarakat.

Baca Juga :  WINGS Care Luncurkan SoSoft 2 in 1 Detergen Tumbuhan dengan Softener Alami Aloe Vera

Lebih lanjut dikatakannya, dalam Safari Kesehatan ini terdapat berbagai pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat seperti screening dan pelayanan kesehatan mata, pemberian kacamata gratis, screening gigi, fisiotraphy, screening THT, pelayanan komplementer (akupresure dan obat tradisional). Selain itu pelayanan kesehatan, masyarakat juga mendapat penyuluhan tentang kesehatan. Dengan demikian masyarakat secara tidak langsung bisa menjaga kesehatannya.

“Saya berharap seluruh masyarakat memanfaatkan Safari Kesehatan ini sebagai upaya edukasi dan meningkatkan pola hidup sehat. Untuk itu Pemkot Denpasar terus menggencarkan kegiatan ini secara rutin guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” kata Jaya Negara.

Baca Juga :  PPDB SMP Negeri Kota Denpasar Dibuka, Jalur Prestasi Berjalan Lancar

Sementara Kadis Kesehatan Kota Denpasar, dr. AA. Ayu Agung Candrawati menambahkan, Safari Kesehatan kali ini turut menghadirkan beberapa pelayanan dan screening kesehatan baik dari puskesmas, institusi pendidikan maupun lembaga kesehatan lainnya.

Lebih lanjut Ayu Candrawati mengatakan, dalam pelaksanaan Safari Kesehatan ini pihaknya juga bekerjasama dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat bersama Yayasan Peduli Kemanusian Bali memberikan kayanan fisioteraphy dan screening THT, Rs. Wangaya memberikan pelayanan fisioteraphy, Klinik Erha memberikan pelayanan screening gula darah, kolesterol, asam urat, serta Universitas Mahasaraswati dengan memberikan pelayanan kesehatan gigi.

Baca Juga :  PAS dan De Gadjah Santer Dibicarakan untuk Pilgub Bali 2024

Selain itu bekerjasama dengan Poltekkes turut memberikan pelayanan akupresure, bekam, dan pameran produk unggulan hasil penelitian dosen dan mahasiswa dari Poltekkes Kemenkes Denpasar.

“Kami berharap dengan adanya berbagai pelayanan kesehatan pada Safari Kesehatan ini masyarakat diharapkan bisa memanfaatkannya agar dapat menjaga kesehatannya dan menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat,” pungkas Ayu Candrawati.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News