FEB UGM
Pertahankan Kualitas Pendidikan Unggul, 12 Prodi FEB UGM Raih Akreditasi LAMEMBA. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Dua belas (12) program studi (prodi) di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) berhasil meraih akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA). FEB UGM memiliki 14 prodi dalam naungan 3 departemen yang terdiri dari 3 prodi sarjana, 7 prodi magister, 3 prodi doktor, serta 1 program profesi.

Kedua belas prodi tersebut adalah Prodi Sarjana Manajemen, Prodi Sarjana Akuntansi, Prodi Sarjana Ilmu Ekonomi, Prodi Magister Akuntansi, Prodi Magister Ekonomika Pembangunan, Prodi Magister Manajemen, Prodi Magister Manajemen (Kampus Jakarta), Prodi Magister Sains Akuntansi, Prodi Magister Sains Manajemen, Prodi Doktor Ilmu Akuntansi, Prodi Doktor Ilmu Manajemen, serta Profesi Akuntan.

Dekan FEB UGM, Prof. Dr. Didi Achjari, M.Com., Ak. CA., menyampaikan FEB UGM sebagai sekolah bisnis tertua di Indonesia, berdiri sejak tahun 19 September 1955, memiliki komitmen kuat untuk terus menjadi fakultas ekonomika dan bisnis terdepan di Indonesia dalam menghadapi tantangan global. Selain itu, FEB UGM juga berupaya menumbuhkembangkan pemimpin masa depan dalam ilmu ekonomi dan bisnis untuk mengembangkan aspek keberlanjutan. Capaian predikat akreditasi Unggul dari LAMEMBA yang diraih oleh 12 prodi di FEB UGM ini adalah prestasi yang sangat membanggakan dan perlu untuk disyukuri bersama.

“Hasil yang telah diraih ini menjadi refleksi komitmen dan kerja keras dari 12 prodi beserta seluruh stakeholders untuk terus melakukan perbaikan secara berkelanjutan. Sementar dua prodi lain yang tersisa yaitu Prodi Magister Sains Ilmu Ekonomi dan Prodi Doktor Ilmu Ekonomi akan menjalani visitasi akreditasi di tahun 2025 mendatang. Semoga ke depan proses akreditasi pada kedua prodi tersebut dapat berlangsung lancar dan mendapat predikat Unggul,” paparnya, Selasa (11/6/2024) di FEB UGM.

Baca Juga :  Pemprov Bali Raih Penghargaan Penerapan SPBE Terbaik pada Digital Government Award SPBE Summit 2024

Raihan predikat Unggul dari LAMEMBA pada 12 prodi FEB UGM ini, dikatakan Didi merupakan capaian yang luar biasa. Ia mengungkapkan terdapat peningkatan hasil akreditasi di periode sebelumnya dimana dari 12 prodi tersebut 10 prodi terakreditasi Unggul dan 2 prodi terakreditasi A. Berikutnya, di tahun 2024 kedua belas prodi tersebut memperoleh predikat Unggul LAMEMBA.

Didi menyebutkan, pelaksanaan akreditasi di tingkat nasional untuk prodi merupakan bagian dari upaya yang dilakukan FEB UGM untuk meningkatkan kualitas atau mutu pendidikan dan pembelajaran serta reputasi fakultas. Perolehan akreditasi unggul dari LAMEMBA ini juga menjadi bukti konsistensi FEB UGM dalam mempertahankan kualitas pengajaran dan pembelajarannya.

Baca Juga :  SMK Rekayasa Denpasar Lepas 136 Siswa Angkatan ke-35

Saat ini FEB UGM telah menghasilkan lebih dari 49.000 alumni dan sekitar 5.500 mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia dan berbagai negara yang menempuh studi di berbagai jenjang pendidikan baik S1, S2, S3, maupun profesi.  Dengan pengalaman lebih dari 68 tahun, FEB UGM telah dan akan terus berkontribusi dalam menyelesaikan berbagai tantangan baik lokal maupun global dengan didukung oleh lebih dari 200 staf pengajar dan profesional yang kompeten di bidangnya.

FEB UGM sebagai sekolah bisnis terkemuka yang diperhitungkan di kancah nasional dan internasional, memiliki jejaring yang luas dan tergabung dalam beberapa keanggotaan. Beberapa diantaranya Global Business School Network (GBSN), Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB), Network of International Business and Economic Schools (NIBES), The Association of Asian-Pacific Business Schools (AAPBS), Asean University Network for Business and Economics (AUN-BE).

Baca Juga :  Kuatkan Semangat #Cari_Aman di Kalangan Pelajar, Astra Motor Bali Berbagi Prediksi Bahaya di SMA Harapan Nusantara

Didi mengatakan, bahwa tantangan yang dihadapi FEB kedepan semakin kompleks. Oleh sebab itu, FEB akan selalu berupaya memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan bangsa.

“Kami berharap kolaborasi, sinergi, serta dukungan penuh dari seluruh stakeholders baik mahasiswa, dosen, tenaga profesional, alumni, orang tua mahasiswa, serta masyarakat,” pungkasnya.(feb.ugm.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News