Harlah Pancasila
Peringatan Hari Lahir Pancasila Sekaligus Pembukaan Bulan Bung Karno VI Tahun 2024. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, sekaligus sebagai momen Pembukaan Bulan Bung Karno VI Tahun 2024 yang berlangsung sepanjang bulan Juni, Pemerintah Kabupaten Tabanan gelar Upacara Peringatan yang sekaligus dilanjutkan dengan kegiatan pembukaan lomba Gerak Jalan Pramuka Penggalang sebagai bagian dari Perayaan Bulan Bung Karno yang berlangsung di Taman Bung Karno Tabanan dan dilanjutkan di halaman depan Kantor Bupati Tabanan, Sabtu (1/6/2024).

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila saat itu dipimpin oleh Dandim 1619/Tabanan, Letkol Inf. Riza Taufiq Hasan, S.I.P, selaku Inspektur Upacara dan diikuti oleh Cokorda Anglurah Tabanan, Sekda Tabanan, Perwakilan Forkopimda Tabanan, Ketua Bawaslu, para Asisten Setda, Para OPD di lingkungan Pemkab Tabanan beserta para kepala bagian di lingkungan Setda, Para Camat, serta instansi Vertikal Terkait, dan Ketua Forum Perbekel se-Kabupaten Tabanan serta seluruh peserta upacara.

Baca Juga :  CSR HUT ke-54 Astra Motor, Pelepasan Tukik dan Touring 1.000 Motor di Pantai Yeh Gangga

Saat membacakan amanat dari Kepala Badan Ideologi Pancasila, Letkol Riza Taufiq Hasan menyampaikan, peringatan Hari Lahirnya Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema, ‘Pancasila sebagai Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’ di mana tema ini dimaksudkan, bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan Bahasa dalam menyongsong 100 th Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di manapun berada untuk bahu membahu, membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara,” sebutnya saat itu.

Pancasila dijelaskannya, harus senantiasa dijiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja dan dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

Sementara itu, dalam pelepasan lomba gerak jalan penggalang yang diikuti oleh 38 SMP Se-Kabupaten Tabanan, saat itu dimulai dari Kantor Bupati Tabanan dan selesai di Gedung Kesenian I Ketut Marya. Dengan kriteria penilaian dari atraksi, kekompakan dan kerapian barisan, seluruh peserta nampak antusias dan semangat dalam mengikuti perlombaan.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Pimpin Paripurna Ke-3 Masa Persidangan II

Dijelaskan oleh Sekda I Gede Susila, bahwa Perayaan Bung Karno sendiri merupakan momentum penting yang patut diingat. Di mana pada bulan Juni juga bertepatan dengan peringatan hari Lahirnya Pancasila, sebagai dasar negara kita, di mana sila-sila dalam Pancasila merupakan hasil gagasan dari Bung Karno. Selain itu juga, untuk memperingati hari lahirnya dan hari wafatnya Bung Karno sebagai proklamator kemerdekaan Republik Indonesia.

“Dalam perayaan Bulan Bung Karno saat ini di Tabanan, rangkaian acara dimulai hari ini dengan kegiatan lomba Gerak Jalan Pramuka Penggalang yang bertujuan untuk dapat menggelorakan semangat patriotisme Bung Karno di hati adik-adik penggalang. Sebagai penerima tongkat kepemimpinan di masa yang akan datang,” jelasnya.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Hadiri Event Good Vespa Dynotest Bupati Tabanan Cup I di Baturiti

Saat itu Sekda Susila juga memberikan apresiasi sekaligus ungkapan terima kasih kepada para panitia perayaan Bung Karno tahun 2024 yang telah memberikan kesempatan pada gerakan pramuka untuk ikut berpartisipasi dan tampil pada pembukaan perayaan bulan Bung Karno hari ini dan adik-adik pasukan Gerak Jalan Penggalang SMP se-Kabupaten Tabanan yang telah bekerja keras mempersiapkan diri dalam latihan-latihan sebelumnya sampai saat ini mengikuti lomba.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News