Peringati Hari Lahir Pancasila
Pemkab Jembrana Gelar Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Pemerintah Kabupaten Jembrana menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Stadion Pecangakan, Jembrana, Sabtu (1/6/2024). Sekretaris Daerah Kabupaten Jembrana, I Made Budiasa yang bertindak selaku inspektur upacara, membacakan Sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Jembrana ini, melibatkan peserta dari kalangan TNI, Polri, Korpri, PGRI serta para pelajar. Hadir pula jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jembrana, beserta para Pimpinan OPD Pemkab Jembrana.

Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila jiwa pemersatu bangsa menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud, bahwa Pancasila menyatukan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Sekda I Made Budiasa yang membacakan Sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia mengatakan, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memadu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Dimana dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong-royong.

Baca Juga :  Desa Penyaringan Dinilai pada Lomba Keamanan Lingkungan Se-Bali

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya harap komponen bangsa dimana pun berada bahu-membahu untuk membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ucapnya.

Lebih Lanjut, pihaknya mengatakan perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi Bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar Bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Lebih dari itu, saya mengajak kepada seluruh komponen mengarusutamakan bangsa Pancasila untuk dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan gen-z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa,” ungkapnya.

Terakhir, Pihaknya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong-royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan hari lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni.

“Kita harus bekerjasama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. semoga peringatan hari lahir Pancasila semangat kita ini dapat memompa untuk semua terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” pungkasnya.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News