SATU Indonesia Awards 2024
Kemeriahan dan antusiasme peserta Bincang Inspiratif 15th SATU Indonesia Awards 2024 di Kota Samarinda pada Sabtu (1/6/2024). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, SAMARINDA – Astra terus menggaungkan inspirasi 15th Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2024, dengan menyelenggarakan Bincang Inspiratif 15th SATU Indonesia Awards 2024 dengan tema ‘Bersama, Berkarya, Berkelanjutan’ pada Sabtu (1/6/2024) di Gedung Mulia Budi, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Samarinda menjadi kota ketiga pelaksanaan Bincang Inspiratif 15th SATU Indonesia Awards 2024, setelah sebelumnya dilaksanakan di Bengkulu dan Kendari. Acara ini bertujuan untuk menjaring generasi muda yang memiliki kontribusi sosial berkelanjutan dan berdampak positif bagi masyarakat sekitar dalam bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, dan teknologi.

Hadir dalam bincang inspiratif, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, Dr. H.  M. Ridwan Tasa, MM.; Juri SATU Indonesia Awards sekaligus Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof. Nila Moeloek; Juri SATU Indonesia Awards sekaligus Founder dan CEO Young On Top, Billy Boen; Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2017 Tingkat Provinsi Bidang Kewirausahaan, Priska Yeniriatno; serta Ketua Koordinator Wilayah Grup Astra Samarinda, Rizki Satriawan.

“Melalui kegiatan sosialisasi dalam bentuk Bincang Inspiratif 15th SATU Indonesia Awards 2024, kami berharap dapat menemukan semakin banyak anak bangsa yang tak kenal lelah dalam memberi manfaat demi terciptanya kehidupan berkelanjutan untuk hari ini dan masa depan Indonesia,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah.

Baca Juga :  Penguatan Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah di Kalangan Pelajar Melalui Olimpiade Keuangan Syariah

Dalam kesempatan ini Priska Yeniriatno membagikan pengalaman yang diharapkan dapat menginspirasi peserta untuk turut dapat menciptakan perubahan di sekitarnya.

Berawal dari kecintaanya terhadap seni membatik, Priska mempersembahkan batik khas yang belum dimiliki kota kelahirannya, Singkawang. Batik Kote Singkawang yang dibuatnya terinspirasi dari budaya masyarakat Kota Singkawang dan beberapa tanaman endemik di wilayah setempat yang hampir punah seperti Anggrek dan Tengkawang Singkawang.

Priska mendirikan kampung wisata batik dan atas kontribusinya tersebut Priska mendapatkan Apresiasi SATU Indonesia Awards 2017 Tingkat Provinsi. Hingga saat ini, kampung wisata batik yang didirikan Priska telah banyak memberdayakan dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat setempat, menyediakan fasilitas bagi wisatawan yang berkunjung untuk melihat proses produksi batik, membeli batik sebagai oleh-oleh, dan mengikuti workshop bagi mereka yang ingin belajar membatik.

“Mengikuti ajang SATU Indonesia Awards membuat saya lebih memahami tujuan saya untuk mengembangkan hobi menjadi sebuah kontribusi dalam melestarikan sejarah Kota Singkawang melalui seni membatik, serta mendapat kesempatan menjadi fasilitator dalam mengembangkan kampung wisata batik yang menjadi salah satu mata pencaharian utama bagi warga sekitar,” kisah Priska saat membagikan pengalamannya kepada peserta.

Periode pendaftaran 15th SATU Indonesia Awards 2024 tahun ini telah dibuka sejak 4 Maret 2024 hingga 4 Agustus 2024 mendatang. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website www.astra.co.id.

Berikut adalah dewan juri 15th SATU Indonesia Awards 2024:

  1. Nila Moeloek (Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia),
  2. Emil Salim (Dosen Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Indonesia),
  3. Fasli Jalal (Rektor Universitas YARSI dan Guru Besar Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta),
  4. Tri Mumpuni (Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan),
  5. Onno W. Purbo Ph.D. (Pakar Teknologi Informasi),
  6. Arif Zulkifli (Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk),
  7. Dian Sastrowardoyo (Pegiat Seni),
  8. Billy Boen (Founder Young On Top),
  9. Boy Kelana Soebroto (Head of Corporate Communications Astra),
  10. Diah Suran Febrianti (Head of Environment & Social Responsibility Astra),
  11. Raline Shah (Pegiat Seni).
Baca Juga :  Libur Panjang Hari Raya Idul Adha, Bandara I Gusti Ngurah Rai Prediksi Layani 507.076 Penumpang

Berikut syarat dan ketentuan penerima apresiasi 15th SATU Indonesia Awards 2024:

  1. Program diinisiasi oleh Individu atau kelompok.
  2. Inisiator atau ketua kelompok maksimal berusia 35 tahun pada saat periode pendaftaran.
  3. Kegiatan harus orisinal.
  4. Kegiatan telah berlangsung minimal 1 tahun.
  5. Kegiatan yang didaftarkan tidak pernah menerima maanfaat dari Grup Astra.
  6. Kegiatan yang didaftarkan belum pernah menerima penghargaan nasional/internasional.
  7. Kegiatan yang diajukan selaras   dengan   aspek sustainability yang meliputi environmental, social dan governance (ESG).
  8. Bukan karyawan Grup Astra dan Mitra SATU Indonesia Awards.
  9. Dapat mendaftarkan diri sendiri atau orang lain yang memenuhi persyaratan SATU Indonesia Awards.

Para penerima apresiasi SATU Indonesia Awards berhak mendapatkan dana bantuan kegiatan Rp65 juta dan pembinaan kegiatan serta kesempatan untuk berkolaborasi bersama di Kampung Berseri Astra atau Desa Sejahtera Astra.

Astra terus mendukung dan mengapresiasi peran aktif generasi muda dalam mencapai pembangunan Indonesia yang berkelanjutan, sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News