BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Badung melaksanakan Peringatan Hari Aids Sedunia, Sabtu (1/12/2018) di ruang Kertha Gosana, Puspem Badung. Acara ini dihadiri Ketua Pelaksana KPA Badung I Ketut Suiasa yang diwakili Kadis Kesehatan Badung dr. Gede Putra Suteja.

Dalam sambutan Ketua Pelaksana KPA Badung yang disampaikan dr. Putra Suteja mengajak tes HIV bukan saja kepada mereka yang berisiko tertular HIV seperti pekerja seks, gay, waria, pengguna narkoba suntik, tetapi kepada seluruh masyarakat Badung untuk mengetahui status HIVnya sedini mungkin. “Kami mengajak semua untuk melaksanakan tes HIV, ayo tes HIV,” ajaknya.

Lebih lanjut dikatakan, tema nasional hari aids sedunia tahun 2018 yaitu “Saya berani, saya sehat” bertujuan meningkatkan kesadaran dan kepedulian seluruh masyarakat terhadap HIV Aids dengan berani mengakses layanan kesehatan dan melakukan tes HIV serta melanjutkan dengan pengobatan ARV sedini mungkin jika terdiagnosa HIV. “Semakin banyak masyarakat yang mengetahui status HIV dan mendapatkan pengobatan ARV dini,  dalam rangka mewujudkan tercapainya 3(tiga) zero yaitu tidak ada infeksi baru HIV,  tidak ada kematian akibat Aids dan tidak ada stigma dan diskriminasi untuk mencapai eliminasi HIV pada 2030 di kabupaten badung,” terangnya.

Ketua Panitia Nyoman Adi Krisnamukti mengatakan, bahwa rangkaian kegiatan peringatan Hari Aids Sedunia adalah touring badung berjudul “Ngelindengin Badung seraya ngicalang stigma lan diskriminasi ODHA”, pemilihan duta KSPAN Kab. Badung, lomba media informasi dan lomba presentasi materi HIV Aids, serta acara puncak peringatan hari Aids sedunia. (humas-badung/bpn)