BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Dalam rangka Peringatan HUT Mangupura ke-9, Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Pertanian dan Pangan melaksanakan lomba burung berkicau Bupati Badung Cup III Tahun 2018, Minggu (4/11/2018) di Pusat Pemerintahan Mangupraja Mandala,  Puspem Badung. Acara ini dibuka Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa ditandai dengan pelepasan burung dan penyerahan kunci mobil kepada ketua panitia.

Dalam sambutannya Wabup. Suiasa menyambuat baik ajang Lomba Burung berkicau Bupati Badung Cup III Tahun 2018. Ini sebagai bukti pelestarian lingkungan dan alam. “Kenapa dikatakan demikian, karena para penghobi dan pelestari lingkungan dan alam ini,  mereka mencintai dan melestarikan burung burung di alam. Mereka melakukan pengembangbiakan terhadap burung, kemudian seberapa yang disalurkan untuk hobinya dan kemudian seberapa kemudian di kembalikan ke alam,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, kalau tidak ada orang orang penggemar burung berkicau ini, tentu akan terjadi kepunahan terhadap burung. “Kami sangat mengapresiasi. Jadi disini ada dua kepentingan yaitu kepentingan alam dan saluran hati kepada masyarakat, masyarakat sudah tersalurkan hobinya, bahkan disini akan terbangun solidaritas sosial, silaturahmi masyarakat,” tambahnya.

Sementara Ketua Panitia, Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung Putu Oka Swadiana melaporkan lomba dan Pameran Burung Bupati Badung Cup III Tahun 2018 ini  merupakan lomba bertaraf Nasional yang diikuti oleh peserta dari Jawa Timur, Jawa Barat, Jogjakarta, DKI Jakarta, NTB, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Lampung, Aceh dan Bali sebagai tuan rumah. Tujuan dari lomba dan pameran burung berkicau ini adalah sebagai upaya pelestarian sumber daya alam khususnya burung berkicau dan sebagai wadah bagi penggemar burung berkicau untuk mengembangkan potensinya. Adapun burung yang dilombakan diantaranya; punglor merah, muray batu, cucak hijau, love bird, kenari lokal, cendet, kacer, branjangan, cucak rowo, punglor kembang dan love bird paud.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Badung I Made Sunarta, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Bali, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Denpasar, Ketua PBI Pusat, Perwakilan PBI Bal, Ketua PBI Badung  serta para pencinta burung berkicau. (humas-badung/bpn)