Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Puncak Peringatan HUT ke-8 Ibukota Kabupaten Badung Mangupura dan Penutupan Festival Seni Budaya (FSB) Kabupaten Badung ke-11dilaksanakan di ruang Kertha Gosana, Puspem Badung, Kamis (16/11/2017) malam lalu.

Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Ketua DPRD Badung Putu Parwata beserta para Wakil Ketua dan Anggota, Pimpinan Perangkat Daerah, Ketua TP PKK Ny. Seniasih Giri Prasta beserta organisasi wanita di Badung dan para seniman.

Puncak HUT Mangupura yang tahun ini mengangkat tema Sarwatra Swaguna Badung Jayanti, artinya dimanapun dan kapanpun pemerintah mensejahterakan alam dan masyarakat, diisi dengan syukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng dan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba.

Diserahkan pula penghargaan Badung Award kepada 18 Perangkat Daerah atas keberhasilannya melaksanakan pelayanan publik dengan predikat sangat baik berdasarkan hasil survey kepuasan masyarakat serta penghargaan Mangupura Award dibidang inovasi pelayanan publik yang diberikan kepada Drs. I Putu Eka Merthawan, M. Si, Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan Badung.

Pada kesempatan tersebut juga terungkap bahwa dari hasil survey, hasilnya indeks kepuasan masyarakat badung tahun 2017 memperoleh nilai 81,37 dengan predikat sangat baik,  meningkat dari tahun 2016 dengan nilai 79,27 dengan predikat baik.

Menurut Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa bahwa dibawah kepemimpinan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan Wabup. Badung I Ketut Suiasa telah banyak ide, pemikiran dan program inovatif yang dicetuskan Beliau.

Baca Juga :  Disdikpora Badung Tingkatkan Pemahaman Pengelolaan Dana BOS untuk SMP

Dari kepemimpinan Beliau yang didukung segenap anggota DPRD, Tokoh Masyarakat serta Pemuka Agama, Badung mengalami perkembangan luar biasa dibidang pembangunan fisik, pelayanan publik maupun tata kelola pemerintahan yang dibuktikan dengan diraihnya berbagai penghargaan ditingkat nasional. Kado terindah yang telah dipersembahkan bagi rakyat badung, dengan pertama kalinya APBD Badung menembus angka 5 Triliyun.

Masyarakat Badung telah pula merasakan penerapan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) melalui program kesehatan gratis, santunan penunggu pasien, santunan kematian, ambulance desa, laptop bagi siswa SD, seragam sekolah gratis, bantuan rumah sehat dan program inovatif lainnya.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam mewujudkan pemerintahan yang efektif, efesien dan akuntabel, dalam rangka peningkatan tata kelola pemerintahan,  diupayakan melalui beberapa kegiatan diantaranya; revisi RPJMD, penandatanganan Fakta Integritas bagi seluruh ASN, penerapan e-kinerja yang akan dimulai diterapkan tahun 2018, akan membentuk Mall Pelayanan Publik sebagai upaya lebih memudahkan pelayanan kepada masyarakat, dan safari pelayanan publik sebagai upaya memastikan masyarakat mendapatkan pelayanan yang cepat, mudah, dan ramah yang dilaksanakan setiap hari Rabu dipimpin langsung Wakil Bupati Badung.

Baca Juga :  Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) Badung Tingkatkan Kualitas Pembinaan Generasi Muda

Sementara Wabup. Suiasa dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat badung yang telah mendukung program-program kegiatan Pemkab badung yang tertuang dalam PPNSB sehingga dapat dilaksanakan dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat.

“PPNSB tidak akan terlaksana dengan baik apabila tidak didukung oleh masyarakat. Oleh karenanya kami mangajak elemen masyarakat untuk bersama-sama melaksanakan pembangunan di Kabupaten Badung ini,” jelasnya.

Melalui HUT ke-8 Mangupura ini, Suiasa juga mengajak masyarakat untuk tidak henti-hentinya memohon terimakasih kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, karena berkat tuntunan dan pasuecan Beliau kita semua selalu diberikan keselamatan.

“Mari kita tingkatkan rasa sradha bakti kita kehadapan ida hyang parama wisesa,” tambahnya.

Baca Juga :  Fasilitasi Pendaftaran HAKI, Sekda Dewa Made Indra Harap Terbangun Lembaga Kolaboratif Yang Mewakili Seluruh Sektor

Momentum ini juga dipakai untuk berkontemplasi, mengheningkan hati, dan introspeksi diri. Selain itu, momen ini dapat dipakai untuk meningkatkan dan memperteguh rasa persatuan dan kesatuan sehingga kedepan mampu mewujudkan pembangunan disegala bidang.

Wabup. Suiasa juga menghaturkan rasa terimakasih kepada para seniman, tokoh-tokoh seni, lembaga Listibiya, PHDI maupun Widya Sabha dan lainnya yang telah ikut berperan dalam upaya meningkatkan seni, adat, agama dan budaya di Kabupaten Badung.

Sebagai wujud dukungan pemerintah kepada para seniman, pada HUT Mangupura kali ini, Pemkab Badung memberikan penghargaan kepada para seniman badung termasuk kepada sekaa-sekaa dan sanggar yang telah berperan aktif meningkatkan dan melestarikan seni budaya sebagai warisan keluhur.

Sebagai upaya mengajegkan seni, adat dan budaya ini, segala bidang pembangunan di Kabupaten Badung harus berlandaskan adat, dresta, budaya dan seni. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News