BOS SMP Badung
Disdikpora Badung Tingkatkan Pemahaman Pengelolaan Dana BOS untuk SMP. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, MANGUPURA – Meningkatkan kualitas pendidikan menjadi komitmen utama Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui Sosialisasi Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) kepada seluruh kepala sekolah SMP di Badung.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Kerta Gosana, Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung Mangupraja Mandala pada Kamis (28/3/2024) ini diikuti oleh kepala sekolah dan bendahara BOS dari 28 SMP Negeri dan 26 SMP swasta di Badung.

Kepala Disdikpora Badung dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pejabat Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran SMP, Agus Ariana Eka Putra, menyampaikan bahwa sosialisasi ini merupakan bentuk pendampingan Pemkab Badung terhadap satuan pendidikan dalam pengelolaan dana BOS.

“Pendampingan ini sejalan dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 907/6479 SJ dan Nomor 7 tahun 2021, di mana Kepala Daerah melalui perangkat daerah wajib melakukan pendampingan, pengawasan, dan pembinaan kepada satuan pendidikan di daerahnya,” ujar Agus Ariana.

Baca Juga :  Fox Hotel Jimbaran Beach Bali Gelar Aksi Sosial 'The Dedication of Modern Kartini' di SD Negeri 6 Muncan

Narasumber sosialisasi, I Made Dwi Ariarta, S.Pd.SD., dan Teja Nadirah, S.E., memaparkan secara detail mengenai BOS dan regulasi terbaru terkait pengelolaannya.

“Diharapkan setelah mengikuti sosialisasi ini, para kepala sekolah memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pengelolaan dana BOS sehingga dapat digunakan secara optimal untuk meningkatkan mutu pendidikan di Badung,” kata Agus Ariana.

Pada kesempatan tersebut, Agus Ariana juga menginformasikan bahwa setiap siswa SMP di Badung menerima bantuan BOS dari Pemerintah Pusat sebesar Rp1.390.000 per tahun, yang disalurkan secara bertahap pada bulan Januari dan Juli.

“Pemerintah Pusat telah memberikan alokasi anggaran yang cukup besar untuk pendidikan melalui program dana BOS. Program ini bertujuan untuk membantu pendanaan biaya operasional bagi satuan pendidikan,” imbuhnya.

Sosialisasi ini merupakan langkah nyata Disdikpora Badung dalam mewujudkan pengelolaan dana BOS yang transparan, akuntabel, dan efektif untuk mendukung kemajuan pendidikan di Kabupaten Badung.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News