PAUD Harapan Bangsa SPNF SKB Kota Denpasar, Cerdas Kelola Potensi Anak

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Acara tutup tahun ajaran 2016/2017 yang digelar PAUD Harapan Bangsa SPNF SKB Kota Denpasar,  Kamis (8/6/2017) berlangsung meriah. Acara tutup tahun dihadiri Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, Drs. Made Merta, M.Si., serta komite, undangan lainnya dan para orangtua peserta didik.

Kepala SPNF SKB Kota Denpasar, Ni Made Sugiantini, S.Pd., M.Pd.H., mengungkapkan, pada angkatan ke-8 PAUD Harapan Bangsa SPNF SKB Kota Denpasar mendidik 102 anak. Mereka terdiri dari 10 anak Kelompok Bermain, 23 anak TK A (usia 4-5 tahun) dan 69 anak TK B (usia 5-6 tahun).

Sehingga tahun ini, PAUD Harapan Bangsa SPNF SKB Kota Denpasar melepas 69 anak TK B yang telah menyelesaikan pendidikan untuk menlanjutkan ke sekolah dasar.

Tercatat sejak berdiri tahun 1999, PAUD Harapan Bangsa SPNF SKB Kota Denpasar telah menamatkan anak-anak sejumlah 1.451 anak.
Sugiantini menambahkan, sejak menjadi satuan pendidikan nonfomal, SKB Kota Denpasar mulai berbenah dengan mempersiapkan delapan standar pendidikan, baik di tingkat PAUD, Kesetaraan dan kursus serta telah dalam proses akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Non Formal (BAN PNF).

Ini bertujuan untuk menjami kualitas pendidikan non formal di SKB yang satu-satunya berstantus negeri di Kota Denpasar.

Acara tutup tahun juga dimeriahkan dengan pentas kreativitas seni yang dibawakan oleh anak-anak PAUD Harapan bangsa SPNF SKB Kota Denpasar. Pentas seni, menurut Sugiantini, bertujuan sebagai evaluasi penyelenggaraan pembelajaran, menumbuhkan rasa keberasamaan para pengelola, pendidik, peserta didik dan orangtua anak.

Lebih dari itu, untuk memberikan wadah berkreativitas seni bagi peserta didik. Sekaligus mendukung Kota Denpasar sebagai kota kreatif berwawasan budaya.  Di acara itu, juga diserahkan hadiah kepada pemenang lomba mewarnai, lomba tarik tambang dan lainnya.

Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, Made Merta, mengapresiasi pelaksanaan acara tutup tahun ajaran 2016/2017 yang diselenggarakan PAUD Harapan Bangsa SPNF SKB Kota Denpasar. Menurut Merta, acara tutup tahun yang dirangkai dengan pentas seni ini sangat positif menumbuhkan apresiasi seni sejak usia dini, sekaligus membangkitkan rasa percaya diri anak tampil di depan umum.

Ia mengatakan, PAUD Harapan Bangsa SPNF SKB Kota Denpasar, cerdas dalam mengelola potensi anak. Makanya wajar lembaga pendidikan ini dikejar karena kualitas dan memiliki program unggulan. Menurut Merta, pembelajaran model budaya lokal dengan penguatan unsur-unsur karakter bangsa yang diterapkan PAUD Harapan Bangsa SPNF SKB Kota Denpasar inilah yang perlu ditiru lembaga PAUD lainnya. (tis/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :