Bupati Giri Prasta : Pemkab Siap Dukung Operasi Lilin Polri dan Bersinergi Jaga Keamanan Nataru

BALIPORTALNEWS.COMDalam menjaga keamanan dan kenyamanan Perayaan Natal 2016 dan tahun Baru 2017 (Nataru), Pemerintah Kabupaten Badung bersama Forkompinda Badung melaksanakan Apel Siaga Gelar Pasukan Pengamanan Nataru, Jumat (23/12/2016) di Lapangan Puspem Badung.

Selaku Inspektur Upacara Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta. Apel diikuti jajaran TNI/Polri, Linmas, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Pecalang. Apel juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Badung I Made Sunarta, Forum Koodinasi Pimpinan Daerah Kab. Badung serta Pimpinan SKPD Badung.

Pada Apel tersebut Bupati Giri Prasta menyerahkan mobil patroli lalu lintas kepada polres Badung yang diterima langsung Kapolres Badung APKB Ruddi Setiawan dan menyerahkan mobil ambulance untuk PMI Badung.

Bupati Giri Prasta menyampaikan amanat Kapolri pada apel pasukan operasi “Lilin-2016”. Dalam amanatnya Kapolri Drs. M. Tito Karnavian, MA, Ph.D menekankan bahwa perkembangan dunia global saat ini masih diwarnai beberapa aksi teror. Kejadian tersebut secara langsung maupun tidak langsung berimplikasi terhadap kondisi keamanan dalam negeri.

Terlebih dinamika kehidupan nasional yang terjadi terakhir ini juga menunjukkan adanya potensi gangguan dalam bentuk kejadian intoleransi, baik inter maupun antar agama. Hal ini menjadi tantangan bagi Polri dan seluruh elemen terkait, khususnya dalam menjaga dan mengamankan pelaksanaan ibadah Natal dan perayaan pergantian tahun.

Terkait dengan operasi Lilin 2016 akan dilaksanakan selama 10 hari sejak tanggal 23 Desember 2016 hingga 1 Januari 2016. Secara keseluruhan Polri mengerahkan 85.744 personil Polri, dibantu 15.096 personil TNi serta 55.130 personil gabungan dari satpol PP, Dishub, Dinkes, Pramuka dan Jasa Raharja.

Para Personil akan ditempatkan pada 1.609 Pos Pengamanan dan 643 Pos Pelayanan, guna memberikan pengamanan Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas. Untuk itu Kapolri meminta untuk memperkuat kerjasama yang sinergis dan harmonis dengan seluruh instansi terkait serta segenap elemen masyarakat dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. 
Usai apel, Bupati Giri Prasta menyampaikan, mewujudkan keamanan merupakan tanggungjawab kita bersama. Apel Siaga Nataru ini merupakan salah satu upaya untuk betul-betul siap siaga dalam pengamanan Natal dan tahun baru.

“Kami telah berkoordinasi dengan Forkompinda yakni Polres Badung, Dandim 1611/Badung, Kejaksaan Negeri, Polresta Denpasar, Pengadilan Negeri Denpasar disamping itu pula kami mengerahkan Satpol PP dan Pecalang serta didukung oleh seluruh lapisan masyarakat Badung melakukan antisipasi keamanan,” jelasnya.

Terkait dengan operasi lilin yang digelar Polri, Bupati juga sangat mendukung sepenuhnya dan Pemkab Badung siap bersinergi untuk memberikan rasa aman, nyaman kepada warga Badung, Provinsi Bali dan NKRI. Bupati Giri Prasta juga mengapresiasi langkah cepat yang diambil Polri dalam mengantisipasi aksi teror yang terjadi beberapa bulan terakhir.

“Kami angkat topi dan acungi jempol kepada kepolisian yang telah berhasil menggagalkan ancaman teror tersebut. Dan kami akan mendukung dan siap membantu sepenuhnya bagaimana menjaga keamanan dan kenyamanan dari ancaman yang mungkin akan timbul diwilayah kita utamanya di NKRI ini, ” jelasnya. 

Kapolres Badung AKBP Ruddi Setiawan menjelaskan untuk pengamanan Nataru pihaknya telah menyiapkan sebanyak 850 personil Polri, yang akan bergabung dengan TNI dan Pemda.

“Kami setiap malam akan melakukan razia bersama tiga pilar yaitu TNI, Polri dan Pemda. Operasi kependudukan di kos-kosan dan kontrakan,” katanya.

Pihaknya juga bersama-sama akan mengamankan ibadah Natal di 38 Gereja di Badung. Untuk itu diimbau kepada masyarakat kalau ada melihat atau menemukan yang mencurigakan agar segera melaporkan ke aparat terdekat.

Sementara umat yang melaksanakan ibadah Natal agar tidak membawa tas yang besar sehingga memudahkan dalam melakukan pengecekan. (humasbadung/bpn)