Petugas Kebersihan HUT Kota
DLH Kerahkan Puluhan Personel untuk Atasi Volume Sampah Selama Perayaan HUT Kota Amlapura. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Karangasem bekerja ekstra untuk menjaga kebersihan selama Perayaan HUT ke-384 Kota Amlapura yang dipusatkan di Taman Candra Buana. Pada perayaan tahun ini, Pemkab Karangasem menggelar sejumlah kegiatan, termasuk pameran UMKM dan berbagai hiburan yang berlangsung dari 22 hingga 30 Juni 2024.

Untuk mengantisipasi peningkatan volume sampah yang dihasilkan, DLH Karangasem menyiagakan sedikitnya 30 personel kebersihan yang bekerja dalam dua shift, pagi dan malam, untuk menangani sampah selama perayaan di Taman Candra Buana.

Baca Juga :  Gede Dana Tunggu Rekomendasi PDIP, I Nengah Swadi Muncul sebagai Calon Pendamping Potensial

“Dalam sehari, kami menugaskan 30 petugas kebersihan yang terbagi menjadi dua shift, pagi dan malam, dengan masing-masing shift terdiri dari 15 orang. Selain itu, kami juga menyediakan puluhan tong sampah yang ditempatkan di area Taman dan di setiap pedagang yang ada di pameran,” kata Kepala DLH Kabupaten Karangasem, I Nyoman Tari, kepada wartawan baru-baru ini.

Ia berharap, dengan personel dan fasilitas tong sampah yang disediakan, volume sampah selama perayaan dapat dikendalikan. Namun, ia mengakui bahwa banyaknya sampah sisa makanan dari para pengunjung yang ditinggalkan di tempat pameran berdampak pada peningkatan volume sampah perkotaan.

Baca Juga :  Koalisi Biru Nasdem-Demokrat di Pilkada Karangasem 2024 Segera Dideklarasikan

Sejak awal pembukaan pameran, volume sampah di perkotaan mencapai 51 ton per hari, meningkat dibandingkan sebelumnya yang berkisar antara 40-50 ton per hari.

Meskipun telah menyiagakan personel, DLH berharap peran serta para pengunjung dan pedagang untuk tertib membuang sampah di tempat yang telah disediakan, sehingga petugas dapat lebih efisien dalam menangani sampah yang ada.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News