Audiensi HPI
Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara saat terima audiensi Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) di ruang Tamu Wali Kota. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Guna membantu dan menstimulus sektor usaha pariwisata di Kota Denpasar, Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara terima audiensi dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bali, di Kantor Wali Kota Denpasar, untuk memfasilitasi sertifikasi SDM usaha pariwisata Kota Denpasar secara gratis yang rencana akan dilaksanakan pada minggu pertama bulan Maret dalam rangkaian HUT ke-235 Kota Denpasar, Senin (30/1/2023).

Melalui Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Pemkot Denpasar akan memberikan fasilitas sertifikasi meliputi bidang keahlian pemandu wisata, food and beverage, house keeping dan front office yang akan diberikan kepada 290 pekerja berdomisili Kota Denpasar atau yang bekerja di industri pariwisata Kota Denpasar. Kegiatan ini akan bekerja sama dengan Universitas Triatma Mulya dan Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Pimpin Upacara Harkitnas Ke-116

Wali Kota I.G.N Jaya Negara mengatakan, pasca pandemi ini beberapa industri pariwisata di Kota Denpasar banyak kehilangan pegawai tetapnya, dan seiring bertumbuhnya lagi pariwisata Kota Denpasar, kebutuhan akan SDM di bidang pariwisatapun turut meningkat, sehingga beberapa usaha kesulitan mencari SDM yang kompeten.

“Selain menstimulus industri pariwisata Kota Denpasar, kegiatan ini sebagai kewajiban dalam memenuhi Permenpar No. 19 Tahun 2016 tentang Pemberlakuan wajib Sertifikasi Kompetensi di bidang pariwisata,” ujar Jaya Negara.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Dezire Mulyani, didampingi Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, I Wayan Hendaryana, menyampaikan, nantinya sebelum dilaksanakan real assesment di Tempat Uji Kompetensi (TUK), Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) akan diberikan refreshment trainning terlebih dahulu di ruang Taksu Gedung DNA, untuk menambah pengetahuan dan keterampilan SDM.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News