Vaksinasi PMK
Cegah Wabah Penyakit Mulut dan Kuku Meluas, Pemkot Denpasar Gencarkan Vaksinasi PMK. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pertanian Kota Denpasar terus berupaya memutus mata rantai penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kota Denpasar. Salah satu upayanya adalah dengan melakukan giat vaksinasi PMK. Kali ini giat vaksinasi PMK dilakukan di wilayah Kelurahan Padangsambian pada Senin (30/1/2023).

Giat vaksinasi PMK kali ini, Dinas Pertanian Kota Denpasar bersama Kelurahan Padangsambian menyasar sejumlah ternak milik warga, diantaranya adalah Sapi, Kambing, dan Babi. Untuk hewan ternak yang di vaksin pada hari ini sebanyak 30 sapi, sehingga total yang telah di vaksin telah mencapai 103 hewan ternak.

Baca Juga :  Sasar Penyandang Disabilitas dan Lansia, Wawali Arya Wibawa Salurkan Paket Sembako Dari Kementerian Sosial

Perlu diketahui, Penyakit mulut dan kuku (PMK) adalah penyakit infeksi virus yang bersifat akut dan sangat cepat menular. Penyakit ini menyerang semua hewan berkuku belah/genap, seperti sapi, kerbau, babi, kambing, domba dan sebagainya, pengendaliannya sangat sulit dan sangat kompleks karena dibutuhkan vaksin serta perlu pengawasan lalu lintas hewan yang sangat ketat.

Kepala Kelurahan Padangsambian, I Ketut Alit Artika saat dikonfirmasi mengatakan, untuk hasil pemantauan dan giat vaksinasi kali ini di wilayah Kelurahan Padangsambian memang belum ditemukan hewan ternak yang terjangkit virus PMK. Dia mengimbau kepada peternak untuk tetap waspada terkait adanya penyakit PMK ini, dan melaporkan bila mempunyai hewan peliharaan yang berasal dari luar wilayah.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News